Perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan argumentasi peserta didik SMAN 1 Turen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dan inkuiri terbimbing tentang Hidrokarbon dan Minyak Bumi / Khubailul Agustina

Agustina, Khubailul (2018) Perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan argumentasi peserta didik SMAN 1 Turen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dan inkuiri terbimbing tentang Hidrokarbon dan Minyak Bumi / Khubailul Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ringkasan Agustina, Khubailul. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik SMAN 1 Turen yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dan Inkuiri Terbimbing Tentang Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Muntholib, S.Pd., M.Si., (2) M. Muchson, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran ADI, keterampilan argumentasi, hasil belajar Argumentasi dapat didefinisikan sebagai upaya untuk memvalidasi atau menolak klaim berdasarkan alasan logis dengan cara yang mencerminkan nilai-nilai ilmiah. Keterampilan argumentasi sangat penting dilatihkan pada peserta didik karena merupakan keterampilan penting dalam pembangunan konsep, dapat meningkatkan pemahaman konsep, dan menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Namun, di SMAN 1 Turen diketahui bahwa pembelajaran kimia yang dilakukan di sekolah belum sepenuhnya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berargumentasi ilmiah. Oleh karena itu, implementasi model pembelajaran ADI dan inkuiri terbimbing memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih argumentasi ilmiah. Topik hidrokarbon dan minyak bumi dirasa tepat untuk melatihkan argumentasi terhadap peserta didik karena materi tersebut bersifat kontekstual yaitu berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari yang layak untuk diargumentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar dan keterampilan argumentasi peserta didik SMAN 1 Turen yang dibelajarkan dengan ADI dan inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Jenis kuasi eksperimen yang dipilih peneliti yaitu pretest-posttes control group design. Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian adalah persiapan dimana peneliti menyusun perangkat pembelajaran dan menyusun instrumen penelitian. Instrumen penelitian baik tes maupun materi terlebih dahulu divalidasi oleh guru. Dilanjutkan tahap pelaksanaan atau mengumpulkan data dengan cara ekperimen di kelas sesungguhnya. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan gain score dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis statistik menggunakan Independent Samples T-test menunjukkan nilai Sig (2-tailed) dari keterampilan argumentasi adalah 0,227 dan hasil belajar adalah 0,410 atau lebih besar dari nilai probabilitas 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar dan keterampilan argumentasi antara siswa SMAN 1 Turen yang diajar oleh ADI dan inkuiri terbimbing. Sedangkan gain score yang diperoleh untuk kelas ADI dan inkuiri tebimbing masing-masing 0,33 dan 0,23 untuk keterampilan argumentasi, 0,80 dan 0,82 untuk hasil belajar menunjukkan bahwa baik model ADI maupun inkuiri terbimbing sama-sama efektif dalam melatihkan keterampilan argumentasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item