Identifikasi pengetahuan metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA/MA pada matarei larutan Elektrolit dan Nonelektrilit / Faismatul Kholifah

Kholifah, Faismatul (2018) Identifikasi pengetahuan metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA/MA pada matarei larutan Elektrolit dan Nonelektrilit / Faismatul Kholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kholifah Faismatul. 2018. Identifikasi Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik Kelas X MIA SMA/MA pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Parlan M.Si. (II) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata kunci identifikasi pengetahuan metakognitif larutan elektrolit dan nonelektrolit Proses pembelajaran yang dialami peserta didik melibatkan kemampuan metakognitif dimana peserta didik mengetahui dan menyadari pengetahuan yang telah didapatkan baik dimengerti atau tidak serta bagaimana cara untuk mengatur dan mengendalikan pengetahuan tersebut. Pengetahuan metakognitif memiliki peran penting terhadap proses kognitif peserta didik. Pengetahuan metakognitif diperlukan untuk memahami ilmu kimia yang memuat konsep-konsep seperti materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan metakognitif peserta didik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang meliputi pengetahuan deklaratif pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional serta mengetahui hubungan pengetahuan metakognitif peserta didik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan hasil belajar dan Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan gabungan kualitatif-kuantitatif dan menggunakan metode survei. Subjek penelitian adalah peserta didik yang telah mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X pada SMA BSS Malang dan SMAN 8 Malang. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa tes kognitif yang terdiri dari 13 butir soal pilihan ganda disertai tes pengetahuan metakognitif serta angket MAI. Instrumen soal telah valid secara isi dan butir soal serta memiliki kriteria reliabilitas tinggi (0 630). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peserta didik pada tingkat pengetahuan metakognitif rendah sebesar 51 67% pada tingkat sedang sebesar 38 33% dan pada tingkat tinggi sebesar 10%. Pengetahuan metakognitif peserta didik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit masih tergolong rendah. Peserta didik telah mampu menuliskan konsep-konsep yang terkait dengan pertanyaan tetapi belum mampu mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam pemecahan masalah serta tidak dapat menjelaskan kapan dan mengapa menggunakan strategi tertentu dalam pemecahan masalah pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Hasil penelitian pada uji korelasi antar variabel adalah terdapat hubungan antara hasil belajar dengan pengetahuan metakognitif peserta didik begitu juga dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Namun hasil belajar tidak memiliki hubungan dengan pengetahuan kondisional. Pada MAI tidak terdapat hubungan dengan pengetahuan metakognitif peserta didik hal ini mungkin disebabkan sistem pembelajaran karakteristik materi dan peserta didik serta kurangnya kesadaran peserta didik terhadap apa yang telah didapatkan selama belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item