Pengembangan bahan ajar berbasis multirepresentasi dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam-basa / Reny Yulia Andini

Andini, Reny Yulia (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis multirepresentasi dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam-basa / Reny Yulia Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andini, Reny, Y. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam-Basa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh, M.S. (II) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Kata Kunci : bahan ajar, multirepresentasi, inkuiri terbimbing, asam-basa Salah satu materi penting dalam pelajaran kimia SMA/MA adalah materi asam-basa. Materi ini berisi banyak konsep abstrak sehingga sehingga banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi ini. Oleh sebab itu, untuk memudahkan peserta didik memahami materi asam-basa maka diperlukan bantuan tiga level representasi dalam ilmu kimia yaitu representasi makroskopis, submikroskopis, dan simbolis. Kurikulum menuntut pembelajaran di kelas harus mampu melatih kemampuan berfikir ilmiah peserta didik. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum serta karakteristik materi kimia tersebut maka dapat diwujudkan dengan penggunaan bahan ajar yang mengintegrasikan tiga level representasi kimia serta melatih peserta didik untuk mengkonstruk konsep sendiri. Faktanya, bahan ajar yang ada selama ini sebagian besar masih menggunakan ketiga aspek representasi kimia dengan tidak proporsional, misalnya lebih menekankan pada aspek simbolis. Selain itu, bahan ajar yang ada kurang menuntut peserta didik untuk mengkonstruk konsep sendiri. Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis multirepresentasi dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam-basa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis multirepresentasi dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam-basa serta mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan 4D dari Thiagarajan, dkk. Model pengembangan ini terdiri atas 4 tahap yakni define (pembatasan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu develop. Validasi bahan ajar dilakukan oleh satu orang dosen kimia UM dan dua orang guru kimia SMAN 8 Malang. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif hasil validasi oleh validator dianalisis menggunakan teknik perhitungan rata-rata yang digunakan untuk menentukan kelayakan bahan ajar. Data kualitatif dari validator digunakan sebagai masukan untuk melakukan revisi produk bahan ajar hasil pengembangan. Uji keterbacaan dilakukan oleh 10 peserta didik kelas X1 MIPA 3 di SMAN 8 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validasi terhadap bahan ajar yang dikembangkan untuk buku guru dan buku siswa sebesar 4,6 dengan kriteria sangat layak. Nilai rata-rata uji keterbacaan terbatas terhadap produk yang dikembangkan sebesar 4,2 dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam pembelajaran kimia di SMA/MA pada materi asam-basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22414

Actions (login required)

View Item View Item