Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas Xi Mia Sma Blitar Pada Materi Asam-Basa / Brilian Zuhroti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas Xi Mia Sma Blitar Pada Materi Asam-Basa / Brilian Zuhroti

Zuhroti, Brilian (2018) Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas Xi Mia Sma Blitar Pada Materi Asam-Basa / Brilian Zuhroti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Zuhroti Brilian. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik Mikrokopik dan Simbolik Siswa Kelas XI MIA SMA Blitar. Skripsi Program studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Marfu ah M.Si. (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci pemahaman konsep tingkat representasi makroskopik mikroskopik simbolik asam basa. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang khusus mempelajari tentang komposisi karakteristik dan perubahan materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Hampir semua yang ada di alam ini merupakan materi sehingga dapat dipelajari dengan memahami konsep-konsep yang ada di dalam ilmu kimia. Pemahaman konsep dalam kimia sangat penting karena dengan pemahaman konsep yang benar merupakan landasan dalam memahami fakta hukum prinsip dan teori yang benar dalam ilmu kimia. Dalam mempelajari ilmu kimia yang bersifat abstrak diperlukan tiga tingkat representasi kimia yang saling berkaitan dan saling menunjang yaitu tingkat representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik. Untuk membangun pemahaman konseptual dalam ilmu kimia yang baik dan benar ketiga tingkat representasi pada setiap konsep harus dilibatkan secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep asam basa pada tingkat representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Blitar yang berjumlah 160 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 dengan jumlah 58 siswa. Instrumen penelitian ini divalidasi oleh 2 guru SMA Negeri 3 Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 28 soal pilihan ganda dengan 4 alternatif pilihan jawaban yang dikembangkan sendiri oleh peneliti disertai pemberian alasan pemilihan jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman konsep asam basa pada aspek makroskopik tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase siswa menjawab benar pada tes sebesar 73 18% (2) tingkat pemahaman konsep pada aspek mikroskopik tergolong dalam kategori rendah dengan persentase siswa menjawab benar pada tes sebesar 50 74% (3) tingkat pemahaman konsep pada aspek simbolik tergolong dalam kategori cukup dengan persentase siswa menjawab benar pada tes sebesar 61 21% dan (4) hasil korelasi antara representasi makroskopik-mikroskopik tergolong dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 573 hasil korelasi antara representasi makroskopik-simbolik tergolong dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 421 dan hasil korelasi antara mikroskopik-simbolik tergolong dalam kategori kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 675.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item