Efektivitas penerapan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan learning cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPA SMAN 1 Bangkalan / Nurani Attaukhidah 'Azyyati

'Azyyati, Nurani Attaukhidah (2018) Efektivitas penerapan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan learning cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPA SMAN 1 Bangkalan / Nurani Attaukhidah 'Azyyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK ÔÇÿAzyyati, Nurani Attaukhidah. 2018. Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Sifat Koligatif Larutan Berbasis Kontekstual Menggunakan Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Bangkalan. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S. , (II) Drs. Darsono Sigit, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas, sifat koligatif larutan, kontekstual, learning cycle 5E, hasil belajar kognitif Kesulitan dalam mempelajari konsep koligatif larutan dapat menimbulkan konsep tersebut menjadi sukar, oleh karena itu dibutuhkan alat bantu yang dapat berupa bahan ajar baik modul maupun media untuk membantu siswa lebih memahami konsep koligatif larutan. Untuk itu telah dikembangkan sebuah bahan ajar oleh Rikka Esthi Pratiwi pada tahun 2016 pada materi sifat koligatif larutan dengan berbasis kontekstual serta menggunakan Learning Cycle 5E namun uji cobanya hanya dilakukan terbatas, dengan demikian, peneliti bermaksud untuk menguji efektivitas bahan ajar Sifat Koligatif Larutan Berbasis Kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPA SMAN 1 Bangkalan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E ; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E dengan siswa yang dibelajarkan dengan diktat buatan guru. Uji efektivitas ini menggunakan design Posttest-only group control dimana dua kelas yang terpilih secara random sampling digunakan sebagai sampel penelitian. Kedua kelas ini memiliki kemampuan awal yang sama. Kelompok eksperimen adalah kelas yang siswanya dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar Sifat Koligatif Larutan Berbasis Kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E dan kelompok kontrol adalah siswanya yang dibelajarkan dengan diktat buatan guru. Penelitian ini dilakukan pada SMAN 1 Bangkalan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik berupa uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E sebesar 97% dan siswa yang dibelajarkan dengan diktat buatan guru sebesar 95% dengan kriteria sudah terlaksana dengan sangat baik; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan diktat buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22410

Actions (login required)

View Item View Item