Pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada peserta didik program 4,5, dan 6 semester SMAN di Malang / Lailatus Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada peserta didik program 4,5, dan 6 semester SMAN di Malang / Lailatus Sholikhah

Sholikhah, Lailatus (2018) Pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada peserta didik program 4,5, dan 6 semester SMAN di Malang / Lailatus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholikhah Lailatus. 2017. Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) pada Peserta Didik Program 4 5 dan 6 Semester SMAN diMalang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fariati M.Sc. (II) Herunata S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pemahaman konsep kelarutan dan Ksp program 4 5 dan 6 semester Konsep dasar kimia harus dipahami peserta didik untuk mempelajari konsep kimia yang lebih kompleks. Salah satu konsep kimia yang bersifat abstrak dan berjenjang adalah konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Penelitian yang pernah dilakukan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep tersebut hanya pada peserta didik program 6 semester di SMA. Pemahaman konsep peserta didik program akselerasi belum pernah diteliti.Salah satu SMAN di Malang yang menerapkan program tersebut adalah SMAN 3 Malang. Oleh karena itu dilakukan penelitian pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan program 4 5 dan 6 semesterdi SMAN 3 Malang dengan tujuan untuk (1) mengidentifikasi pemahaman konsep tersebut dan (2) mendeskripsikan persentase pemahaman konsep tersebut. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yang dipilih sebanyak 144 peserta didik yaitu 25 peserta didik program 4 semester kelas X H-2 18 peserta didik program 5 semester kelas XI H-4 dan program 6 semester kelas XI A-4 XI C-4 dan XI D-4 sebanyak 101 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman yang terdiri dari 33 soal pilihan ganda dengan 1 jawaban benar dan 3 jawaban pengecoh yang telah divalidasi dan diujicobakan. Nilai validitas rata-rata instrumen sebesar 90% tergolong sangat tinggi. Hipotesis penelitian yaitu Ho tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan yang signifikan antara peserta didik program 4 5 dan 6 semester SMAN Malang dan Ha terdapat perbedaan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan yang signifikan antara peserta didik program 4 5 dan 6 semester SMAN Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) pada peserta didik program 4 5 dan 6 semester SMAN Malang. Pemahaman peserta didik program 5 semester 4 semester 6 semester. (2) Persentase pemahaman konsep peserta didik program 4 5 dan 6 semester SMAN Malang pada konsep (a) proses kelarutan berturut-turut sebesar 99% 100% dan 85% (b) kelarutan senyawa sukar larut sebesar 92% 88% dan 89% (c) hubungan kelarutan senyawa sukar larut dengan penambahan ion senama sebesar 64% 35% dan 69% (d) hubungan kelarutan senyawa sukar larut dengan pH sebesar 92% 100% dan 78% (e) tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) sebesar 71% 89% dan 56% (f) hubungan kelarutan senyawa sukar larut dengan Kspsebesar 92% 96% dan 66% dan (g) hubungan Qc dengan nilai Ksp sebesar 84% 98% dan 60%. SUMMARY Sholikhah Lailatus. 2017. Understanding of the Solubility and Solubility Product Constant (Ksp)of the Studentsat 4 5 and 6 Semesters Program SMAN in Malang. UndergraduatedThesis Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Dr. Fariati M.Sc. (II) Herunata S.Pd. M.Pd. Keywords concept understanding solubilityandKsp 4 5 and 6 semestersprogram Understanding of the basic concept of chemistry was very important. One of abstract and gradual chemical concepts was solubilityconcept andsolubilty product constant (Ksp). The studyto identify students concepts understandinghave beendoneonly for studentsin 6 semester program.Concepts understanding of students accelerated program have not been studied. One of implements accelerated program High Schools in Malang is SMAN 3 Malang. Therefore the research was conducted of the Solubility and Solubility Product Constant (Ksp) in SMAN 3 Malangwith the objectives to (1) identify the concept understanding and (2) describe the percentage of concept understanding. The study used quantitative descriptive design. Samples of the study were 144 students 25 students from 4 semester program of X H-2 class 18 students from 5 semester program of XI H-4 class and 101 students from6 semester program of XI A-4 XI C-4 and XI D-4 classes. The research instrument consisted comprehension test consisting of 33 multiple choice questions with 1 correct answer and 3 validated answers that had been validated and tested. The average of instrument validity score is 90% and is categorized very high.The research hypothesis is Ho there is no significantdifference understanding of solubility concept and solubility between students in 4 5 and 6 semesters of SMAN Malang and Ha there is significant difference understanding of solubility concept and solubility between students in 4 5 and 6 semesters of SMAN Malang. Resultsof studyshowed that (1) There was significant difference aboutconcept understanding of solubility and Kspat 4 5 and 6 semesters programstudentsin SMAN Malang. Understanding of the student 5 semester 4 semester 6 semester (2) Percentage of concepts understanding instudents at4 5 and 6 semesters program SMAN Malang are (a) solubility processes respectively 99% 100% and 85% (b) solubility of insoluble compoundswas 92% 88% and 89% (c) solubilityrelationship of insoluble compounds with common ion addition was 64% 35% and 69% (d) solubilityrelationship of insoluble compounds with pH 92% 100% and 78% (e) Kspwas 71% 89% and 56% (f) relationship of solubility of insoluble compounds with Ksp 92% 96% and 66% and (g) relationship of Qc with Ksp values 84% 98% and 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22408

Actions (login required)

View Item View Item