Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada bahan kajian ikatan kimia / Effy Rossyamsiah Lelana

Lelana, Effy Rossyamsiah (2018) Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada bahan kajian ikatan kimia / Effy Rossyamsiah Lelana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lelana, Effy Rossyamsiah. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Bahan Kajian Ikatan Kimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.Si., (II) Muntholib, S.Pd., M.Si. Kata kunci: instrumen asesmen, HOTS, pemahaman konseptual, ikatan kimia Penilaian dalam Kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills, HOTS). Namun, fakta dilapangan menunjukkan bahwa instrumen asesmen yang berorientasi HOTS masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pemahaman konseptual yang berorientasi HOTS pada bahan kajian ikatan kimia. Hasil pengembangan diharapkan menjadi suatu model atau prototipe penilaian yang berorientasi HOTS dan dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun penilaian berbasis HOTS. Pengembangan penelitian instrumen asesmen ini menggunakan model 4D. Namun yang dilakukan hanya pada tahap 3D pertama, yakni membatasi (define), merancang (design), dan mengembangkan (develop). Sedangkan D yang keempat yakni menyebarkan (disseminate), tidak dilakukan. Pada tahap membatasi dilakukan analisis pendahuluan dan analisis isi instrumen. Pada tahap merancang, dilakukan merancang isi instrumen, mendesain format instrumen, dan membuat instrumen validasi asesmen. Pada tahap mengembangkan, dilakukan mengembangkan instrumen asesmen, mengkaji bersama dosen pembimbing, merevisi produk, memvalidasi produk, merevisi hasil validasi, dan menghasilkan produk. Instrumen asesmen pemahaman konseptual dikembagkan dengan enam bentuk soal. Hasil pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual pada bahan kajian ikatan kimia terdiri dari 140 butir soal dengan tingkat kevalidan butir soal sebesar 92,8% (sangat layak).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22405

Actions (login required)

View Item View Item