Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan / Viola Erni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan / Viola Erni Wulandari

Wulandari, Viola Erni (2018) Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan / Viola Erni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Viola Erni. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Keterampilan Proses Sains pada Bahan Kajian Sifat Koligatif Larutan. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutrisno M.Si. (II) Dr. Yahmin M.Si. Kata Kunci instrumen asesmen HOTS pemahaman konseptual keterampilan proses sains sifat koligatif larutan. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat diukur dengan menggunakan penilain atau asesmen. Penilaian mencakup tiga aspek yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan serta mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun demikian fakta dilapangan masih tidak sedikit guru yang mempunyai kendala dalam menyusun asesmen berorientasi HOTS. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS dan keterampilan proses sains pada bahan kajian sifat koligatif larutan. Manfaat penelitian ini dapat digunakan oleh guru praktisi dan pengamat pendidikan untuk digunakan secara langsung atau tidak langsung dan digunakan sebagai prototipe untuk mengembangkan instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi HOTS dan keterampilan proses sains. Model pengembangan penelitian instrumen asesmen ini menggunakan 3D dari model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 3D terdiri dari define (membatasi) design (merancang) dan develop (mengembangkan). Pada tahap define dilakukan menganalisis pendahuluan dan menganalisis isi instrumen. Pada tahap design dilakukan merancang isi mendesain format dan mendesain instrumen validasi asesmen. Pada tahap develop dilakukan membuat instrumen asesmen mengkaji bersama dosen pembimbing merevisi produk hasil pengembangan memvalidasi produk merevisi hasil validasi dan menghasilkan produk. Instrumen asesmen pemahaman konseptual dan keterampilan proses sains dikembangkan dengan enam bentuk soal. Instrumen asesmen pada bahan kajian sifat koligatif larutan yang dikembangkan terdiri dari 100 butir soal pemahaman konseptual dan 65 butir soal keterampilan proses sains. Instrumen asesmen pemahaman konseptual mempunyai tingkat validitas 77 2 % (valid) instrumen asesmen keterampilan proses sains mempunyai tingkat validitas 76 8 % (valid) dan tampilan instrumen asesmen mempunyai tingkat validitas 84 7 % (sangat valid). Hal ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen valid untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22404

Actions (login required)

View Item View Item