Implementasi bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi koloid dan peta konsep sebagai alternatif penilaian / Ahmat Saifudin Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi koloid dan peta konsep sebagai alternatif penilaian / Ahmat Saifudin Zuhri

Zuhri, Ahmat Saifudin (2017) Implementasi bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi koloid dan peta konsep sebagai alternatif penilaian / Ahmat Saifudin Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zuhri Ahmat Saifudin. 2017. Implementasi Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid dan Peta Konsep sebagai Alternatif Penilaiannya. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharti M.Si. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci bahan ajar inkuiri terbimbing koloid penilaian peta konsep Pembelajaran kimia saat ini tidak hanya untuk pengalihan pengetahuan dan keterampilan saja namun juga untuk membangun kemampuan pemecahkan masalah pada peserta didik. Materi koloid memiliki karakteristik konseptual konkrit banyak istilah asing dan kontekstual serta tidak terdapat materi yang berupa pemahaman algoritmik. Dari karakteristik tersebut dapat diketahui bahwa peserta didik dapat memperoleh pengetahuannya melalui lingkungan sekitarnya. Berdasarkan observasi di SMA IT Al Amri Probolinggo materi koloid masih dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori diskusi dan penilaiannya menggunakan pilihan ganda serta bahan ajar yang digunakan besifat tekstual seluruh materi telah disediakan. Penggunaan bahan ajar dan model pembelajaran tersebut menyebabkan peserta didik belum mampu mengkonstruk pemahaman secara mandiri hingga dapat memecahkan masalah dalam materi koloid. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik tahun sebelumnya pada materi koloid yang masih di bawah nilai KKM sekolah. Oleh karena itu penerapan bahan ajar yang menggunakan pendekatan saintifik sangat diperlukan. Sesuai dengan Kurikulum 2013 yang dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengkonstruk pemahamannya sendiri. Pada penelitian sebelumnya bahan ajar koloid yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing telah dikembangkan oleh Novilia (2016) dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata gain score sebesar 0 68. Instrumen penilaian hasil belajar peserta didik pada materi koloid selama ini menggunakan tes pilihan ganda atau tes uraian. Kedua tes tersebut dapat membatasi jawaban peserta didik dan membuat mereka belajar dengan metode hafalan. Dengan demikian perlu dikembangan alternatif instrumen penilaian untuk mengidentifikasi peserta didik yang belajar melalui hafalan dengan peserta didik yang belajar secara bermakna. Salah satu alternatif instrumen penilaian hasil belajar yang dapat digunakan adalah peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan oleh Novilia (2016) dan mengetahui sejauh mana peta konsep dapat dijadikan sebagai alternatif penilaian pada pemahaman materi koloid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan 34 peserta didik SMA IT Al Amri Probolinggo sebagai subjek penelitian. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu (1) melakukan kajian literatur (2) menyusun instrumen penelitian (3) mengumpulkan data (4) menganalisis data dan (5) menyusun kesimpulan. Instrumen penelitian terdiri atas bahan ajar koloid dari Novilia (2016) tes pilihan ganda dan tes penyusunan peta konsep. Analisis data yang digunakan terdiri dari (1) analisis deskriptifii keterlaksanaan pembelajaran (2) analisis gain score (3) Analisis hasil peta konsep dan (4) analisis korelasi hasil penilaian pilihan ganda dengan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan bahan ajar berbasis inkuiri tembimbing yang telah dikembangkan oleh Novilia (2016) efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata gain score kelas sebesar 0 63. (2) Peta konsep belum dapat digunakan sebagai alternatif penilaian pada materi koloid dengan nilai korelasi sebesar 0 26. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif menggunakan instrumen pilihan ganda adalah 74 82. Sedangkan nilai ratarata hasil belajar kognitif menggunakan instrumen peta konsep sebesar 83 79.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22400

Actions (login required)

View Item View Item