Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Gedangan 2 Kabupaten Malang / Megaria Firlanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Gedangan 2 Kabupaten Malang / Megaria Firlanasari

Firlanasari, Megaria (2011) Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 di SDN Gedangan 2 Kabupaten Malang / Megaria Firlanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh pemanfaatan video pembelajaran hasil belajar ilmu pengetahuan alam Perkembangan bidang pendidikan yang semakin maju menuntut pendidik untuk kreatif dalam memilih media yang di gunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pemilihan media yang sesuai dengan karakteristik siswa diharapkan proses pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat memotivasi serta menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Atas dasar tersebut peneliti menggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran dari berbagai klasifikasi yang ada media audio visual merupakan media paling lengkap yaitu menggunakan kemampuan audio visual dan gerak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Untreatened Control group Design With Pretest Postest . Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan dua akelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penerapan pembelajaran video sedangkan kelas kontrol digunakan sebagai pengontrol dengan menggunakan pembelajaran secara konvesional. Penelitian dilaksanaan di SDN Gedangan 2 Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran dan yang tidak menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN Gedangan 2 kabupaten Malang. Eksperimen semu digunakan karena peneliti tidak dapat melakukan kontrol terhadap seluruh variabel terkait dengan pemilihan subyek yang tidak dilakukan secara individu tetapi secara kelompok yang diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan video pembelajaran. Berdasarkan perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung dari t tabel yaitu 4 591 2 042. Hal ini berarti H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media video berbeda (lebih baik) dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Gedangan 2 kabupaten Malang. Hal ini dapat diketahui dari nilai jumlah skor dari masing-masing kelas yaitu 1340 pada kelas eksperimen dan 1075 pada kelas kontrol sedangkan dari nilai rata-rata hasil belajar dari masing-masing kelas yaitu 83 75 pada kelas eksperimen dan 67 188 pada kelas kontrol pada taraf signifikan 0 05. Oleh sebab itu maka disarankan guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media video dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa guna memperbaiki mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item