Identifikasi pemahaman submikroskopik kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Asri Nurul Husnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman submikroskopik kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Asri Nurul Husnah

Husnah, Asri Nurul (2017) Identifikasi pemahaman submikroskopik kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Asri Nurul Husnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Husnah Asri N. 2017. Pemahaman Submikroskopik Kesetimbangan Kimia pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata kunci pemahaman submikroskopik kesetimbangan kimia Materi kesetimbangan kimia berkaitan dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan sebagian besar penjelasan pada materi kesetimbangan kimia berada pada tingkat submikroskopik. Dengan demikian untuk memahami materi kesetimbangan kimia pemahaman siswa harus bersandar pada pemahaman submikroskopik. Materi kesetimbangan kimia merupakan prasyarat untuk mempelajari materi-materi lain seperti larutan asam dan basa reaksi reduksi-oksidasi hidrolisis garam larutan penyangga dan kesetimbangan kelarutan. Oleh karena itu siswa harus memiliki pemahaman yang utuh pada materi kesetimbangan kimia agar tidak mengalami kesulitan saat mempelajari konsep-konsep tersebut. Namun hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa siswa yang telah dinyatakan lulus KKM masih mengalami kesulitan dalam menjelaskan alasan terjadinya pergeseran kesetimbangan. Hal ini diduga karena siswa belum memahami materi kesetimbangan kimia pada tingkat subsubmikroskopik sehingga perlu dilakukan tes. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman submikroskopik siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat studi kasus yaitu penelitian bertujuan untuk menggambarkan data kuantitatif yang terkumpul tanpa bermaksud untuk menarik kesimpulan yang berlaku secara umum. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI MIPA 6G4 di SMA Negeri 10 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes pemahaman submikroskopik kesetimbangan kimia yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dan dilengkapi alasan terbuka. Tes ini telah diuji validasi isi oleh 2 ahli materi dan diujicobakan pada 64 siswa dan telah dinyatakan valid dan reliabel (r11 0 873). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang telah memahami konsep submikroskopik dari reaksi kesetimbangan kimia termasuk relatif banyak (59 1%) dengan rincian siswa yang memahami konsep submikroskopik kesetimbangan dinamis termasuk banyak (75 0%) siswa yang memahami konsep submikroskopik tetapan kesetimbangan termasuk banyak (75 8%) siswa yang memahami konsep submikroskopik derajat disosiasi termasuk cukup banyak (40 0%) dan siswa yang memahami konsep submikroskopik pergeseran kesetimbangan termasuk cukup banyak (44 5%). ABSTRACT Husnah Asri N. 2017. Subsubmicroscopic Understanding Identification on Chemical Equilibrium of 11th Grade Students of SMA Negeri 10 Malang. Thesis. Department of Chemistry Education Malang State University. Advisors (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata kunci subsubmicroscopic understanding chemical equilibrium Chemical equilibrium material deals with abstract concepts. This causes most of the explanations on the chemical equilibrium to be at the submicroscopic level. Hence to understand chemical equilibrium students understanding should rely on submicroscopic understanding. Chemical equilibrium material is a prerequisite for other materials such as acid and base solutions reduction-oxidation reactions salt hydrolysis buffer solutions and solubility equilibrium. Therefore students must have a complete understanding of chemical equilibrium in order not to have difficulty when learning these concepts. However the result of previous study shows that students who have already passed the KKM still have difficulty in explaining the reasons for the shift of equilibrium. This is assumed because students have not understood the chemical equilibrium material on submicroscopic level so it is necessary to conduct a test. Therefore this study aims to describe students submicroscopic understanding on chemical equilibrium material. This research is a quantitative descriptive and a case study that is a research to describe the quantitative data collected without intending to draw conclusions in general. The study was conducted on 30 students who are members of class XI MIPA 6G4 in SMA Negeri 10 Malang. The research instrument used is submicroscopic understanding test of chemical equilibrium which is consist of multiple choices questions with 5 choices and an open reason. This test has been tested for content validation by 2 experts and tested on 64 students and has been declared as valid and reliable (r11 0 873). The results of this study indicate that students who have understood the submicroscopic concepts of chemical equilibrium reactions are relatively a lot (59.1%) with students who understand the submicroscopic concept of dynamic equilibrium are a lot (75.0%) students who understand the submicroscopic concept of equilibrium constant are a lot (75.8%) students who understand submicroscopic concepts of dissociation degrees are quite a lot (40 0%) and students who understood the submicroscopic concept of excess equilibrium are quite a lot (44.5%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item View Item