Pengembangan bahan ajar hidrokarbon menggunakan penekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas XI semester 1 / Dharul Handri Pranowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar hidrokarbon menggunakan penekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas XI semester 1 / Dharul Handri Pranowo

Pranowo, Dharul Handri (2017) Pengembangan bahan ajar hidrokarbon menggunakan penekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas XI semester 1 / Dharul Handri Pranowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handri Dharul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Hidrokarbon Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd M.Si. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata kunci bahan ajar hidrokarbon pendekatan saintifik inkuiri terbimbing. Salah satu masalah yang dihadapi oleh sekolah dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kurikulum 2013 menempatkan metode saintifik sebagai pendekatan pembelajaran dengan fokus lima pengalaman belajar yakni mengamati (observing) menanya (questioning) mengumpulkan data (experimenting) mengasosiasi (associating) dan mengkomunikasikan (communicating). Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini antara lain (1) menghasilkan bahan ajar hidrokarbon menggunakan pendekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing (2) memperoleh penilaian komentar dan saran terhadap bahan ajar hasil pengembangan melalui validasi isi bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar ini memperhatikan karakteristik pembelajaran kimia. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini merujuk pada Four-D model (Model 4D) yang direkomendasikan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (menyebarluaskan). Pada penelitian pengembangan ini tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi isi dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia SMA. Instrumen validasi dan uji keterbacaan menggunakan angket. Klasifikasi pada angket validasi dan angket uji keterbacaan menggunakan kriteria tertentu. Data yang diperoleh dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis sesuai dengan karakteristik masing-masing. Hasil pengembangan berupa bahan ajar hidrokarbon menggunakan pendekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XI yang disajikan dalam bentuk bahan ajar cetak. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk pengembangan ini memperoleh skor 80% dengan kriteria layak. Uji keterbacaan diperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar hasil pengembangan terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian isi mencakup kegiatan belajar dengan pendekatan saintifik tingkat inkuiri terbimbing. Isi pembelajaran mencakup pengalaman belajar yakni mengamati menanya mengumpulkan data dan menganalisis data mengkomunikasikan dan mengasosisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22390

Actions (login required)

View Item View Item