Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VIII / Ervina Mega Silvia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VIII / Ervina Mega Silvia

Silvia, Ervina Mega (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VIII / Ervina Mega Silvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silvia Ervina Mega 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si (2) Safwatun Nida S.Si M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran IPA sistem pencernaan manusia Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 menjelaskan bahwa pembelajaran dilakukan secara interaktif dan menarik serta memberikan ruang yang cukup untuk kemandirian sesuai perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Pada pelaksanaannya beberapa siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPA karena sulit memahami materi yang bersifat mikroskopis atau tidak dapat ditangkap oleh indera. Materi yang bersifat mikroskopis dapat diajarkan kepada siswa dengan menggunakan media. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VIII. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah modifikasi model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) tanpa tahap penyebaran (Disseminate) karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Produk dikemas dalam format apk yang dapat dijalankan pada handphone. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi yang selanjutnya diuji cobakan pada limabelas siswa kelas VIII SMP. Jenis data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa angket yang disertai saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan validasi media oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 96 42% artinya media dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan validasi materi oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 81 67% artinya materi dinyatakan sangat layak untuk digunakan. berdasarkan validasi RPP oleh validator diperoleh presentase rata-rata sebesar 98 43% artinya RPP dinyatakan sangat layak digunakan. Berdasarkan uji keterbacaan pada limabelas siswa dan seorang guru IPA diperoleh persentase rata-rata sebesar 89 05% dan 84 52% artinya media dapat dinyatakan sangat layak untuk digunakan dan dapat diuji cobakan dalam skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item