Pengembangan bahan ajar materi Kepolaran Bentuk Molekul, dan Gaya Antarmolekul berbasis strategi inkuiri terbimbing / Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi Kepolaran Bentuk Molekul, dan Gaya Antarmolekul berbasis strategi inkuiri terbimbing / Sri Rahayu

Sri, Rahayu (2017) Pengembangan bahan ajar materi Kepolaran Bentuk Molekul, dan Gaya Antarmolekul berbasis strategi inkuiri terbimbing / Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Kepolaran Bentuk Molekul dan Gaya Antarmolekul Berbasis Strategi Inkuiri Terbimbing. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Aman Santoso M.Si (II) Dr. Suharti M.Si. Kata Kunci kepolaran bentuk molekul gaya antarmolekul inkuiri terbimbing Pembelajaran berbasis strategi inkuiri terbimbing sesuai untuk pembelajaran kimia karena strategi ini dapat mendorong siswa untuk turut aktif dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam.Bahan ajar yang sering digunakan oleh para guru dan siswa umumnya masih bersifat informatif belum menekankan pada proses belajar siswa dan seringkali menimbulkan miskonsepsi. Permasalahan kurang efektifnya bahan ajar yang telah ada dapat diatasi dengan mengembangkan bahan ajar berbasis strategi inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar materi kepolaran bentuk molekul dan gaya antarmolekul berbasis strategi inkuiri terbimbing dan menguji tingkat kelayakan isi tata bahasa dan kegrafisan bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pengembangan dilakukan sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan. Tahap pendefinisian meliputi langkah analisis ujung depan analisis siswa analisis tugas analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi langkah pemilihan media pemilihan format dan pembuatan rancangan awal. Tahap pengembangan meliputi langkah penyusunan bahan ajar telaah bahan ajar revisi bahan ajar validasi bahan ajar analisis dan tindak lanjut hasil validasi dan uji keterbacaan. Hasil penelitian pengembangan yaitu (1) bahan ajar dengan komponen pendahuluan isi dan penutup. Komponen isi pada bahan ajar berisikan 3 kegiatan belajar yang disusun sesuai tahapan pada strategi inkuiri terbimbing yaitu rumusan masalah hipotesis pengumpulan data/observasi evaluasi hipotesis dan kesimpulan (2) bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan buku guru sebesar 88 34% dengan kriteria sangat layak tingkat kelayakan buku siswa sebesar 88 60% dengan kriteria sangat layak dan tingkat keterbacaan buku siswa sebesar 91 73% dengan kriteria sangat layak.Pengembangan bahan ajar ini terbatas pada tahap validasi dan uji keterbacaan belum dilakukan uji coba pada bahan ajar yang telah dikembangkan. Bahan ajar ini belum dilengkapi oleh rencana pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan dan perlu dikembangkan pula rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar ini. ABSTRACT Rahayu Sri. 2016. TheDevelopment of Teaching Material Polarity Molecular Shapes and Intermolecular Forces Based Guided Inquiry Strategy.Thesis Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Natural Sciences Malang University. Supervisor (1) Dr. Aman Santoso M.Si (II) Dr. Suharti M.Si. Keywords polarity molecular shapes intermolecular forces guided inquiry strategy Learning based guided inquiry strategies appropriate for learning chemistry because these strategies can encourage students to actively participate in learning process so that the students have a deeper understanding. Teaching materials are often used by teachers and students generallystill in informative form yet insists on student learning process and often lead to misconceptions.The lack of instructional materials effectively problem that already exist can be solve by developing teaching materials with guided inquiry based strategy. The objective of this research is to produce the materials of teaching material polarity and the intermolecular forces guided inquiry-based strategies and testing the level feasibility of content grammar and gravis of teaching materials that have been developed. This research is a development research with 4D development model that developed by Thiagarajan. The development was done until the third stage namely the development stage. The phase definition includes the steps of defining the front-end analysis learner analysis task analysis concept analysis and specifying instructional objectives. The design phase includes the steps of media selection format selection and initial design. The development phase includes the steps of preparation of teaching material study materials revision of teaching materials teaching materials validation analysis and follow-up results of the validation and test of legibility. The results of development research namely (1) teaching materials with components introduction contents and closing. Components of the contents on teaching materials contains 3 learning activities that organized according to the phases of the guided inquiry based strategy those are formulation of the problem hypothesis data collection/observation evaluation of hypothesis and conclusions (2) teaching materials developed have a books teachers feasibility level of 88.34% with a very decent criteria student book feasibility level of 88.60% with a very decent criteria and student book readability level of 91.73% with a very decent criteria.Development of teaching materials is limited to the validation and test of readability has not yet done test of teaching materials have been developed. These teaching materials not equipped by the lesson plan. Therefore there should be a test to determine the effectiveness of the teaching materials have been developed and need to be developed lesson plan in appropriate with these teaching materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

View Item View Item