Pengembangan instrumen penilaian (asesmen) pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian laju reaksi / Lia Qurrotul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian (asesmen) pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian laju reaksi / Lia Qurrotul Aini

Aini, Lia Qurrotul (2017) Pengembangan instrumen penilaian (asesmen) pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian laju reaksi / Lia Qurrotul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Lia Qurrotul. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian (Asesmen) Pemahaman Konseptual Berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills) Keterampilan Proses Sains dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Laju Reaksi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata Kunci instrumen asesmen pemahaman konseptual keterampilan proses sains sikap terhadap sains HOTS Salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan di Indonesia adalah Standar Penilaian Pendidikan. Penilaian sangat penting dilakukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Menurut Kurikulum 2013 terdapat tiga aspek penilaianyaitu pengetahuan keterampilan dan sikap. Kurikulum 2013 menuntut penilaian yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan HOTS yang mencakup tingkat kognitif menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian (asesmen) pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS keterampilan proses sains dan sikap terhadap sains pada bahan kajian laju reaksi sebagai prototipe atau alat pertimbangan untuk praktisi pendidikan dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan 3D dari model-4D yang terdiri dari tahap define (membatasi) design (merancang) dan develop (mengembangkan). Untuk tahap akhir dari model-4D yaitu disseminate (mendiseminasikan) tidak dilakukan. Tingkat validitas produk instrumen hasil pengembangan diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia. Instrumen penilaian hasil pengembangan ini terdiri dari 105 butir soal pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS yang memperoleh hasil validasi 104 butir soal sangat valid dengan skor 87 5-92 0% dan cukup valid untuk 1 butir soal dengan skor 85 0% 100 butir soal keterampilan proses sains memperoleh hasil validasi sangat valid dengan skor 85 8-90 8% dan 87 butir sikap terhadap sains yang memperoleh hasil validasi 15 butir soal sangat valid dengan skor 87 5-90 0% dan 72 butir sikap cukup valid dengan skor 77 5-85 0%. Hasil persentase validasi untuk performansi/tampilan instrumen asesmen adalah 90 8% dengan kriteria sangat valid. ABSTRACT Aini Lia Qurrotul. 2017. Developing An Assessment Instrument of Conceptual Understanding on HOTS (Higher Order Thinking Skills) Oriented Science Process Skills and Attitudes towards Science on Rate of Reaction Topic. Thesis Chemistry Department Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Supervisors (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Keywords assessment instrument conceptual understanding science process skills attitudes toward science HOTS One of the eight of Education National Standard (Standar Nasional Pendidikan) Indonesia is Standard of Educational Assessment. Assessment is very important to measure the achievement student learning outcomes. In the Curriculum 2013 the assessment is conducted in three aspects i.e. knowledge skills and attitudes. Curriculum 2013 also requires an assessment that can encourage high-level thinking learners known as HOTS that includes cognitive levels of analyzing evaluating and creating. The objective of this research is to develop an assessment instrument of HOTS oriented for conceptual understanding science process skills and attitudes toward science on Rate of Reaction. The product is used as prototype or consideration tool for education practitioners in doing assessment of students learning outcomes. This development research was designed with 3D from 4D-models consisting of define design and develop stages. For the last stage of 4D-model disseminate was not executed. The validity level of the instrument product of the development result is obtained from the validation by one chemistry lecturer and two chemistry teachers. The assessment instrument of the development result consists of 105 items of conceptual understanding on HOTS oriented that obtain validation result of 104 items is very valid with score 87.5-92% and 1 item is valid enough with score 85% 100 items about science process skill obtain validation result is very valid with score 85.8-90.8% and 87 items attitude toward science that obtain validation result 15 item is very valid with score 87.5-90% and 72 item attitude is valid enough with score 77.5- 85%. The percentage of validation result for the instrument s performance is 90.8% with very valid criteria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item