Pengaruh model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA MAN 1 Malang pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit / Nasrul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA MAN 1 Malang pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit / Nasrul Ummah

Ummah, Nasrul (2017) Pengaruh model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA MAN 1 Malang pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit / Nasrul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ummah Nasrul. Pengaruh Model Pembelajaran STAD dipadu dengan NHT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA MAN 1 Malang Pada Materi Larutan Elektrolit Non Elektrolit. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata kunci model pembelajaran NHT STAD larutan elektrolit-non elektrolit motivasi hasil belajar. Ilmu kimia merupakan cabang sains yang materinya mengandung banyak konsep abstrak serta prinsip-prinsip dasar yang harus dipahami siswa. Oleh sebab itu proses pembelajaran kimia tidak bisa hanya berfokus pada pemecahan soal-soal numerik tapi juga kemampuan siswa dalam memahami teori fakta deskripsi peristilahan kimia dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah serta berpikir kritis. Penerapkan model STAD dipadu dengan NHT pada materi kimia diduga dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap konsep-konsep abstrak yang terdapat pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT dan model pembelajaran STAD serta keterterapan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian berjumlah 65 siswa dengan rincian 32 siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes prestasi belajar angket dengan hasil validitas baik dan reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Uji-t untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterterapan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT 90 1% (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif afektif dan psikomotorik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT (X 88 25) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (X 84 18) rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa berturut-turut (X 87 2) (X 83 6) dan rata-rata nilai hasil belajar psikomotorik siswa berturut-turut (X 86 4) (X 84 0) (3) rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT dan model pembelajaran STAD masing-masing sebesar 75 44% sedangkan kelas kontrol sebesar 73 53%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item