Upaya mencegah miskonsepsi materi stoikiometri dengan strategi pembelajaran problem solving pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawan / Pinta Nisa Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya mencegah miskonsepsi materi stoikiometri dengan strategi pembelajaran problem solving pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawan / Pinta Nisa Fitri

Fitri, Pinta Nisa (2017) Upaya mencegah miskonsepsi materi stoikiometri dengan strategi pembelajaran problem solving pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawan / Pinta Nisa Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitri Pinta Nisa. 2017. Upaya Mencegah Miskonsepsi Materi Stoikiometri dengan Strategi Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (2) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci Problem Solving Stoikiometri Miskonsepsi Stoikiometri merupakan materi dasar kimia yang membutuhkan kemampuan matematik dan kemampuan analisis. Materi stoikiometri memerlukan pemahaman konsep materi sebelumnya dan menjadi dasar bagi konsep materi lanjutan. Kesulitan yang sering dialami siswa dalam mempelajari stoikiometri adalah pada waktu mengerjakan soal-soal perhitungan kimia. Hal ini mengakibatkan konsep tersebut menjadi konsep sukar bagi siswa yang terjadi secara terus-menerus (konsisten) yang dapat mengakibatkan siswa mengalami miskonsepsi. Cara yang tepat dalam menyampaikan materi stoikiometri yaitu dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi tersebut. Strategi Problem Solving (Polya 1973) memicu siswa terlibat aktif dalam mengeksplor situasi baru berpikir menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah yang realistik. Empat langkah dalam strategi Problem Solving yaitu (1) memahami masalah (2) merencanakan masalah (3) menerapkan rencana pemecahan masalah dan (4) memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif sebagai upaya mencegah miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design) dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawang semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan undian sebanyak 2 kali. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa dan kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Solving dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama yang dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata dari kemampuan awal pada nilai hasil belajar kognitif materi redoks. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda three tier yang diadopsi dari penelitian Aini (2014). Uji coba ulang soal diperoleh hasil 30 soal valid rata-rata taraf kesukaran sebesar 0 35 dengan kriteria sedang rata-rata daya beda sebesar 0 41 dengan kriteria baik dan nilai reliabilitas sebesar 0 735 dengan kriteria tinggi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik persentase miskonsepsi dari hasil belajar kognitif siswa pada materi stoikiometri. Hasil penelitian terhadap pembelajaran pada materi stoikiometri menunjukkan bahwa (1) rata-rata persentase siswa yang mengalami miskonsepsi materi stoikiometri dengan pembelajaran strategi Problem Solving (2 86%) lebih sedikit daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (7 22%) (2) hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Solving (83 26) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (76 67) maka dapat disimpulkan bahwa upaya mencegah miskonsepsi siswa dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item