Pengembangan bahan ajar kimia asam-basa berbasis inkuiri siswa kelas XI SMA / Nida Fitri Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia asam-basa berbasis inkuiri siswa kelas XI SMA / Nida Fitri Isnaini

Isnaini, Nida Fitri (2017) Pengembangan bahan ajar kimia asam-basa berbasis inkuiri siswa kelas XI SMA / Nida Fitri Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnaini Nida Fitri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Asam-Basa Berbasis Inkuiri untuk siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci bahan ajar inkuiri asam-basa pembelajaran berbasis inkuiri. Menurut paradigma konstruktivistik pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke siswa. Dalam belajar siswa mengkonstruksi pemahamannya dengan bantuan guru. Salah satu bentuk bantuan ini adalah penyediaan bahan ajar. Komunikasi personal dengan beberapa guru kimia menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan saat ini masih bersifat informatif siswa hanya menerima informasi atau pengetahuan tanpa mengalami proses untuk mendapatkan pengetahuan tersebut. Proses pembelajaran tidak mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang bersifat konstruktivistik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivistik adalah inkuiri. Salah satunya adalah strategi pembelajaran inkuiri hasil sintesis Pedaste yang dinamakan inquiry based learning (pembelajaran berbasis inkuiri). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia asam-basa berbasis inkuiri untuk siswa kelas XI SMA yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yakni define design develop dan disseminate. Pengembangan ini hanya dilakukan sampai dengan tahap ketiga (develop). Hasil pengembangan divalidasi oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia serta dilakukan uji keterbacaan kepada 10 siswa yang sudah mempelajari materi asam-basa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang berisi lembar skor penilaian komentar dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari skor penilaian angket dan kualitatif dari komentar serta saran. Produk hasil pengembangan bahan ajar materi asam-basa ini berupa bahan ajar untuk guru dan bahan ajar untuk siswa dalam bentuk cetak. Hasil validasi menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor validasi bahan ajar adalah 87 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil persentase rata-rata skor uji keterbacaan bahan ajar adalah 85 31% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan diketahui bahwa secara umum bahan ajar valid dan layak digunakan ABSTRACT Isnaini Nida Fitri. 2017. Development of Acid-Base Chemistry Teaching Materials Based on Inquiry for 11th Graders of Senior High School. Thesis. Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang. Advisors. (I) Muntholib S.Pd. M.Si (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci Teaching Material Inquiry Acid-Base Inquiry Based Learning According to constructivist s paradigm it is not an easy task to transfer the knowledge from teacher to students. During teaching-learning activity the students build their own knowledge with the teachers assistance. One of the assistance forms is provision of teaching material. Personal communication with several chemistry teachers shows that the teaching material that still used in the schools today are informative hence the students are only able to comprehend the information without knowing the process to obtain that certain knowledge. The currently learning process does not encourage students to construct their own knowledge. Therefore constructive teaching material is required. One of the constructivist approaches is inquiry of synthesis Pedastes the aim of this research is to produce an appropriate inquiry acid-base teaching material for 11th grade students which is valid and can be used in the school. 4D development module is used to develop this teaching material. It consists of 4 stages i.e. defining designing developing and disseminating. However this research and development is only done until the third phase (develop). The development result is validated by one chemistry lecturer and two chemistry teachers. After that the readability test was conducted to 10 students which were already learnt acid-base material. The data instrument collection that the researcher used is questionnaire which contains scoring and comments-advices sheets. The type of data obtained through this research is the quantitative data based on the questionnaire s scoring sheets and the qualitative data based on comments-advices sheets. The result of this research development of acid-base chemistry is a printed-module teaching-learning material both for the teachers and students. The percentage of validation score obtained from this research is 87.85%. The result of average percentage readability test is 85.31% which is categorized as a very valid learning media. In addition according to the validity result and readability test it shows that the teaching material is valid and suitable to use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22374

Actions (login required)

View Item View Item