Pengembangan bahan ajar berbasis RECT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan melibatkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi sifat koligatif larutan / Siti Nur Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis RECT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan melibatkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi sifat koligatif larutan / Siti Nur Khasanah

Khasanah, Siti Nur (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis RECT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan melibatkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi sifat koligatif larutan / Siti Nur Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Siti Nur. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) dengan Melibatkan Representasi Makroskopik Submikroskopik dan Simbolik pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Herunata S.Pd. M.Pd. (II) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Kata Kunci bahan ajar REACT representasi sifat koligatif larutan Materi sifat koligatif larutan bersifat abstrak dan berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep sifat koligatif larutan yang bersifat abstrak seringkali sulit dipahami oleh peserta didik. Dalam memahami konsep kimia yang abstrak diperlukan kemampuan memahami konsep dalam tiga tingkat representasi yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Pemahaman tentang fenomena sifat koligatif larutan akan lebih mudah jika menyajikan fakta-fakta yang ada di sekitar peserta didik. REACT merupakan suatu model pembelajaran yang memiliki 5 tahap pembelajaran yaitu relating (mengaitkan) experiencing (mengalami) applying (mengaplikasikan) cooperating (bekerja sama) dan transferring (mentransfer). Pemahaman dalam tiga representasi kimia tersebut dapat diaplikasikan dalam pembelajaran berbasis REACT sehingga tercipta pembelajaran sifat koligatif larutan yang bermakna. Hal tersebut dapat dicapai dengan cara menyediakan bahan ajar yang sesuai. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis REACT dengan melibatkan representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik yang layak digunakan. Pengembangan bahan ajar ini mengadopsi model pengembangan 4D dari Thiagarajan dkk. (1974) yang meliputi tahap penentuan perancangan pengembangan dan penyebaran. Namun tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Validasi dilakukan oleh satu dosen kimia dan satu guru kimia SMA. Uji keterbacaan dilakukan kepada sepuluh peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri Tempeh Lumajang. Instrumen validasi dan uji keterbacaan menggunakan angket penilaian. Klasifikasi pada angket validasi dan angket uji keterbacaan menggunakan kriteria tertentu. Hasil pengembangan berupa bahan ajar sifat koligatif larutan terdiri dari buku peserta didik dan buku guru. Karakteristik bahan ajar tersebut antara lain (1) penyajian materi menggunakan alur pembelajaran REACT (2) dilengkapi dengan representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik (3) disajikan fakta-fakta yang dapat dijumpai dalam kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi buku peserta didik dan buku guru secara berurutan adalah 94% dan 97% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. ABSTRACT Khasanah Siti Nur. 2017. The Development of REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) - Based Teaching Materials by Involving Macroscopic Submicroscopic and Symbolic Representation on Colligative Properties of Solution Material. Undergraduated Thesis. Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang. Advisor (I) Herunata S.Pd. M.Pd. (II) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Keywords teaching materials REACT representation colligative properties of solution The material of colligative properties of solution is abstract and closely related to daily. The abstract concepts of colligative properties of solution are often difficult to understand by learners. In understanding the abstract concepts of chemistry it is necessary to understand the concepts in three levels of representation namely macroscopic submicroscopic and symbolic. Understanding of colligative properties of solution will be easier through presenting the facts that exist around the learners. REACT is a learning model that has five learning stages namely relating experiencing applying cooperating and transferring. These three chemical representations can be applied in REACT-based learning to create a meaningful learning of colligative properties of solution. It can be achieved by providing appropriate teaching materials. The purpose of this research is to produce colligative properties of solution teaching materials based on REACT involves macroscopic submicroscopic and symbolic representations that is feasible. The development of this teaching materials adopted 4D development model of Thiagarajan et al. (1974) which includes define design develop disseminate stages. However disseminate stage is not done because of time and cost constraints. Validation is done by one chemistry lecturer and one high school chemistry teacher. The readability test is done to ten students of XII IPA 2 class SMA Negeri Tempeh Lumajang. The instruments of validation and readability test use assessment questionnaires. The classifications of the validation and the readability test questionnaires use certain criteria. The result of development is colligative properties of solution teaching materials consist of students book and teachers book. The characteristics of the teaching materials are (1) presentation of material using REACT learning path (2) completed with macroscopic submicroscopic and symbolic representations (3) presented facts that can be found in real life. The showed results of students book and teachers book validation were 94% and 97% respectively with very feasible criteria. The obtained result of the readability test was 88% with very feasible criteria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22368

Actions (login required)

View Item View Item