Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA / Ririn Iswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA / Ririn Iswanti

Iswanti, Ririn (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA / Ririn Iswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Iswanti Ririn. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Drs. H. Parlan M.Si. Kata kunci lembar kegiatan siswa (LKS) hidrolisis garam kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran di sekolah masih belum sepenuhnya memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran yang ada masih cenderung menggunakan metode konvensional masih menekankan pada keterampilan berpikir tingkat rendah dan cenderung berorientasi pada materi sehingga kurang memperhatikan kemampuan bernalar atau berpikir siswa. Akibatnya pembelajaran yang ada kurang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Selain itu dalam pembelajaran kimia juga masih ditemukan sekolah yang menggunakan LKS dari penerbit sehingga kurang mendukung siswa dalam mengkonstruksi konsep. LKS tersebut juga kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan karakteristik siswa yang akan menggunakan LKS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam selanjutnya LKS dilakukan validasi untuk mengetahui tingkat kelayakannya. LKS juga dilakukan uji coba di kelas eksperimen untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi hidrolisis garam. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengadaptasi model pengembangan bahan ajar yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yakni model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define design develop dan disseminate. Pada penelitian ini tahap disseminate hanya dilakukan terbatas pada satu sekolah. Terhadap LKS hasil pengembangan dilakukan validasi isi dan konstruk untuk mengetahui tingkat kevalidan LKS tersebut. Selanjutnya LKS yang telah divalidasi dilakukan uji coba di kelas eksperimen untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan HOTS siswa. Dari hasil validasi isi instrumen HOTS diperoleh persentase rata-rata sebesar 98 67% dengan kategori sangat valid. Selain itu dari hasil uji coba instrumen HOTS diperoleh rentang nilai validitas butir soal antara 0 402-0 880 sehingga butir soal dinyatakan valid dan diperoleh hasil reliabilitas instrumen sebesar 0 850 untuk soal objektif serta 0 626 untuk soal essay sehingga butir soal dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS hasil pengembangan dinyatakan valid dengan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 90 5% sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil uji efektivitas LKS diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0 72 dengan kriteria peningkatan termasuk kategori tinggi sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS hasil pengembangan terbukti efektif meningkatkan HOTS siswa. Dari hasil perhitungan ketuntasan kelas diketahui bahwa sebanyak 25 siswa dari 30 siswa telah mencapai KKM pada hasil posttest dan diperoleh ketuntasan kelas sebesar 83 33%. Selain itu dari hasil penilaian kepraktisan LKS oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 83 3% sehingga LKS dapat dinyatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS hasil pengembangan terbukti efektif meningkatkan HOTS siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item