Pengembangan bahan ajar struktur atom dan tabel periodik unsur dengan model pembelajaran learning cycle 5E untuk peserta didik SMA/MA kelas X Program IPA / Elisa Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar struktur atom dan tabel periodik unsur dengan model pembelajaran learning cycle 5E untuk peserta didik SMA/MA kelas X Program IPA / Elisa Amalia

Amalia, Elisa (2017) Pengembangan bahan ajar struktur atom dan tabel periodik unsur dengan model pembelajaran learning cycle 5E untuk peserta didik SMA/MA kelas X Program IPA / Elisa Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Elisa. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X Program IPA. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd (II) Dr. Nazriati M.Si. Kata Kunci bahan ajar learning cycle 5E struktur atom. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman selama Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di salah satu sekolah di kota Malang buku paket kimia Kurikulum 2013 tidak sepenuhnya digunakan. Guru masih perlu melengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) khususnya pada materi struktur atom dan tabel periodik unsur. Hal ini dikarenakan soal latihan yang ada pada buku paket dirasakan kurang oleh guru. Hasil pengamatan juga menunjukkan bahwa peserta didik banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi struktur atom dan tabel periodik unsur. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dikembangkannya bahan ajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar materi Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur menggunakan model learning cycle 5E (2) untuk mengetahui validitas/kelayakan bahan ajar hasil pengembangan dan (3) melakukan uji keterbacaan secara terbatas pada bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembangan 4D menurut Thiagarajan dengan modifikasi. Penelitian dan pengembangan ini hanya sampai tahap tiga (develop). Untuk bahan ajar hasil pengembangan selanjutnya dilakukan uji kelayakan isi oleh validator yaitu satu dosen kimia dan dua guru kimia SMA selanjutnya uji keterbacaan pada peserta didik kelas X SMA. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang berisi skor penilaian disertai komentar dan saran. Penilaian yang diperoleh kemudian dianalisis dan digunakan sebagai pedoman untuk melakukan revisi. Hasil pengembangan berupa buku guru dan buku peserta didik dengan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi struktur atom dan tabel periodik unsur. Hasil validasi isi bahan ajar (buku peserta didik dan buku guru) oleh validator menunjukkan bahwa secara rata-rata memiliki nilai 85 96 dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan adalah 85 31 dengan kriteria sangat mudah dipahami dan menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan baik oleh peserta didik maupun guru serta keterbacaan bahan ajar sangat mudah dipahami oleh peserta didik. ABSTRACT Amalia Elisa. 2017. Development of Learning Material of Atomic Structure and Elements Periodic Table by Using Learning Cycle 5E Model for Grade 10th Science Students. Thesis. Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd (II) Dr. Nazriati M.Si. Keywords teaching materials learning cycle 5E atomic structure. Based on observations and experiences during the Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) in one of the schools in Malang the chemistry book of Kurikulum 2013 is not fully used during the lesson. Teachers still need to combine it with Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) especially on the material of atomic structure and periodic table of elements. This is because the number of exercise problems on the chemistry book is felt less by the teacher. The observations also show that many learners have difficulty in understanding the material of atomic structure and periodic table of elements. One of the solutions that can be done to overcome these problems is to develop teaching materials using learning cycle 5E learning model. Therefore this study aims to (1) develop the material materials of Atomic Structure and Element Periodic Table using 5E learning cycle model (2) to know the validity of teaching materials developed and (3) to test the limited legibility on the teaching materials developed. This research and development adapted the 4D Thiagarajan development model. This research and development is only done until the third stage (develop). The teaching materials that have been developed then are tested for content validity by validators one chemistry lecturer and two high school chemistry teachers. Furthermore the teaching materials are tested for legibility 10th grade learners of high school. The data collecting instrument used is questionnaire containing score of the assessment and include with comments and suggestions. The score of assessment which obtained then are analyzed and used as guidelines for revision. The results of this development are of teacher s book and student s book with learning cycle 5E learning model on the material of atomic structure and periodic table of elements. The content validity of the teaching materials (student s book and teacher s book) by the validator shows that its average has value of 85.96 which is very feasible. The result of legibility test is 85.31 which is very easy to understand and interesting. Thus it can be concluded that the teaching materials which developed are very feasible for both learners and teachers use and the legibility of teaching materials is very easy to understand by learners.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item