Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep materi asam basa siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran Lamongan / Mila Indiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep materi asam basa siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran Lamongan / Mila Indiarini

Indiarini, Mila (2017) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep materi asam basa siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran Lamongan / Mila Indiarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indiarini Mila. 2017. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mengatasi Kesulitan Pemahaman Konsep Materi Asam Basa Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran Lamongan . Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih. M.Pd. M.Si Kata kunci inkuiri terbimbing konvensional hasil belajar kognitif asam basa Salah satu materi kimia yang dipelajari siswa kelas XI SMA adalah materi asam basa. Materi asam basa merupakan materi dasar yang digunakan untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu titrasi asam basa larutan penyangga dan hidrolisis garam. Materi ini cukup penting untuk dikuasai baik dari aspek makroskopis submikroskopis maupun simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep asam basa pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran. Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experimental) dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan claster random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus RPP Lembar Kerja Siswa) dan instrumen pengukuran. Data keterlaksanaan proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis statistik dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran dari kelima pertemuan untuk siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori sangat baik. Rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran dari kelima RPP pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 95 54% dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 94 53%. (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi ( 119909 773 84 11) daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional ( 119909 773 75 36). Dengan demikian model pembelajaran inkuiri terbimbing dinyatakan efektif untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep sehingga berpengaruh meningkatkan capaian hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item