Analisis pengetahuan metakognitif larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA / Yezhi Prisvitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengetahuan metakognitif larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA / Yezhi Prisvitasari

Prisvitasari, Yezhi (2017) Analisis pengetahuan metakognitif larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA / Yezhi Prisvitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prisvitasari Yezhi. 2017. Analisis Pengetahuan Metakognitif Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA SMA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Effendy M. Pd. Ph.D. (II) Dr. Nazriati M.Si. Kata-kata kunci pengetahuan metakognitif deklaratif prosedural kondisional larutan penyangga Larutan Penyangga merupakan materi yang diajarkan kepada siswa SMA dan MA kelas XI semester 2. Larutan Penyangga termasuk materi yang berpotensi sulit dipahami siswa karena terdiri atas konsep-konsep abstrak yang didasari konsep-konsep lain memerlukan kemampuan matematik/algoritmik dan kemampuan berpikir abstrak untuk memahaminya serta melibatkan representasi makroskopis submikroskopis dan simbolik. Kesulitan siswa memahami Larutan Penyangga disebabkan karena siswa belum mampu memaknai dan menginterpretasi ketiga representasi kimia hal ini berdampak siswa mengalami salah konsep/miskonsepsi. Metakognisi ialah kemampuan dan kesadaran untuk mengontrol mengendalikan serta mengatur aspek-aspek kognisi pada diri seseorang. Metakognisi diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir abstrak sehingga siswa mampu menghubungkan ketiga representasi kimia menjadi pemahaman konsep Larutan Penyangga yang utuh dan benar. Penggunaan metakognisi menyatu dalam pemikiran siswa dapat menyebabkan pembelajaran lebih baik dan kinerja lebih tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan deklaratif pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional siswa serta mengetahui sebaran kelompok pengetahuan metakognitif ditinjau dari tingkat berpikir siswa kelas XI IPA SMA pada materi Larutan Penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ialah 224 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2016-2017 yang tersebar dalam 7 kelas homogen. Sampel penelitian ialah 60 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 7. Data penelitian berupa skor tes pengetahuan metakognitif siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah instrumen tes pengetahuan metakognitif terdiri dari 10 item soal deklaratif 3 item soal prosedural dan 2 item soal kondisional. Uji coba instrumen dilaksanakan di kelas XI IPA 6 sejumlah 30 siswa. Validitas instrumen dengan Pearson Correlation menunjukkan 0 41 sampai 0 82 dan koefisien Alpha Conbrach reliabilitas 0 74. Instrumen dinyatakan valid dan memenuhi syarat digunakan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pengetahuan deklaratif siswa lebih tinggi dari pengetahuan prosedural. Pengetahuan prosedural siswa lebih tinggi dari pengetahuan kondisional. Tingkatan pengetahuan metakognitif siswa kelas XI IPA SMAN 1 Trenggalek dapat dikategorikan menjadi 4 kelompok yakni (1) kelompok sangat rendah sebanyak 1 siswa (1 7%) (2) kelompok rendah sebanyak 4 siswa (6 7%) (3) kelompok rata-rata sebanyak 35 siswa (58 3%) dan (4) kelompok tinggi sebanyak 20 siswa (33 3%) sedangkan kelompok yang ke-5 (kelompok sangat tinggi) belum ada sama sekali siswa yang memiliki pengetahuan metakognitif pada tingkat ini (0%). ABSTRACT Prisvitasari Yezhi. 2017. Analysis of Metacognitive Knowledge Buffer Solution for Students Class 11th Science Senior High School. Sarjana s Thesis Study Program of Chemistry Education Faculty of Mathematics and Science State University of Malang Advisors (I) Prof. Drs. H. Effendy M. Pd . Ph.D. (II) Dr. Nazriati M.Si. Keywords Metakognitive knowledge declarative procedural conditional buffer solution Buffer Solution is a material that taught to high school students class 11th on second semester. Buffer Solutions including materials that are potentially difficult to understand students because it consists of abstract concepts based on other concepts requires the ability of mathematics/algorithmic and abstractive thinking skills to understand it and involves macroscopic submicroscopic and symbolic representations. Students difficulties for understand the buffer solution because they have not been able to interpret of three chemical representations this affects students have misconceptions. Metacognition is the ability and awareness to control and regulate aspects of cognition in a person. Metacognition is needed to develop abstractive thinking skills so that students are able to interrelate the three chemical representations into a complete and true understanding of the concept Buffer Solution. The use of metacognition together in one s thinking can lead to better learning and higher performance. Therefore it is necessary to conduct research that aims to know different level of declarative knowledge procedural knowledge and conditional knowledge of students and to know the distribution of metacognitive knowledge groups in terms of the level thinking of student class 11th science Senior High School on the topic Buffer Solution. This research is a descriptive research.The study population is 224 students class 11th SMAN 1 Trenggalek academic year 2016-2017 which spread in 7 homogeneous classes. The sample of research is 60 students of class 11th science 1 and 11th science 7. Research data in the form of metacognitive knowledge test scores of students. The instrument used to collect research data is a metacognitive knowledge test instrument consisting of 10 items about declarative 3 items about procedural and 2 items about conditional. The test of the instrument was conducted in class 11th science 6 totaling 30 students. The instrument validity result with Pearson Correlation shows 0.41 to 0.82 and the Alpha Conbrach coefficient of instrument reliability is 0.74. The instrument is valid and qualifies used research. Based on the research result it is mentioned that the level of student s declarative knowledge is higher than procedural knowledge. The student s procedural knowledge is higher than conditional knowledge. The level metacognitive knowledge of students 11th SMAN 1 Trenggalek can be categorized into 4 groups namely (1) very low group of 1 student (1.7%) (2) low group of 4 students (6.7% ) (3) the average group of 35 students (53.3%) and (4) high group of 20 students (33.3%) whereas 5th very high group of metacognition in which there are no students at this level yet (0%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item