Pengembangan modul kepercayaan diri untuk membantu siswa agar lebih aktif saat proses pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang / Achmad Noval Sukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kepercayaan diri untuk membantu siswa agar lebih aktif saat proses pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang / Achmad Noval Sukmana

Sukmana, Achmad Noval (2016) Pengembangan modul kepercayaan diri untuk membantu siswa agar lebih aktif saat proses pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang / Achmad Noval Sukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmana Achmad Noval. 2015. Pengembangan Modul Kepercayaan Diri untuk Membantu Siswa Agar Lebih Aktif Saat Proses Pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si (II) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd Kata Kunci Kepercayaan diri siswa aktif Kepercayaan diri berperan sangat penting dalam menentukan kesuksesan anak di masa mendatang. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah akan berpengaruh pada hasil belajar khususnya dalam bidang akademik. Jika tidak segera diselesaikan akan timbul masalah yang lebih kompleks seperti nilai akademik menurun bahkan siswa bisa tidak naik kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul yang disertai dengan prosedur penggunaan modul yang tepat dan layak untuk digunakan oleh konselor guru siswa dan tenaga pendidik lainnya sebagai alat bantu yang berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri agar siswa bisa lebih percaya diri dan yakin akan kemampuannya dan lebih aktif saat proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Malang dengan menggunakan desain penelitian one group pre test-post test design yaitu dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan modul. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan pretest diberikan pada awal pertemuan dan posttest diberikan pada akhir pertemuan. Subyek penelitian yaitu 6 orang siswa kelas VII A yang memiliki tingkat kepercayaan diri paling rendah berdasarkan hasil nilai pretest. Analisis data dilakukan menggunakan uji nonparametrik (Wilcoxon signed rank test) untuk mengetahui perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kepercayaan diri bagi siswa SMP ini efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa subyek mengalami peningkatan kepercayaan diri yang cukup signifikan. Kemudian hasil uji nonparametrik dengan menggunakan SPSS 20 ditemukan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed)/nilai probabilitas sebesar 0 026 0 05 maka Ho ditolak atau ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan modul kepercayaan diri bagi siswa SMP. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu dilakukan pengujian terhadap keefektivan modul diluar proses penelitian dengan skala lebih besar dan beberapa waktu setelah proses penelitian dilaksanakan (misal 1 s/d 2 bulan setelah penelitian). Saran kepada konselor yaitu untuk menyebarluaskan modul kepada rekan sejawat agar produk ini dapat digunakan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item