Pengembangan bahan ajar berbasis level inkuiri pada materi sistem koloid untuk kelas XI SMA / Riski Setia Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis level inkuiri pada materi sistem koloid untuk kelas XI SMA / Riski Setia Wardani

Wardani, Riski Setia (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis level inkuiri pada materi sistem koloid untuk kelas XI SMA / Riski Setia Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Riski Setia. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Level Inkuiri Pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (2) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. Kata Kunci bahan ajar level inkuiri sistem koloid Bahan ajar merupakan suatu perangkat pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar. Bahan ajar yang digunakan di sekolah saat ini sebagian besar memaparkan materi secara deskriptif. Bahan ajar tersebut kurang membantu siswa mengkonstruksi konsep. Menurut kurikulum 2013 pembelajaran kimia menuntut siswa untuk dapat memiliki kemampuan berfikir sains. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar berbasis level inkuiri. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis level inkuiri pada materi sistem koloid untuk kelas XI SMA yang tervalidasi. Pengembangan ini mengikuti 3 tahap (3D) dari model rancangan pengembangan 4D yaitu define (membatasi) design (merancang) dan develop (mengembangkan). Draf hasil pengembangan di validasi oleh ahli materi dan ahli pembelajaran. Dari hasil validasi diperoleh data kualitatif berupa saran atau komentar validator sedangkan data kuantitatif berupa skor rata-rata penilaian angket oleh validator. Angket validasi dibuat berdasarkan standar BSNP. Uji keterbacaan oleh siswa dengan menggunakan kelompok kecil sebanyak 10 orang. Hasil pengembangan bahan ajar adalah buku siswa dan buku guru berbasis level inkuiri untuk siswa kelas XI SMA pada materi sistem koloid. Level inkuiri yang digunakan sampai pada level kelima dari enam level yang dikembangkan oleh Wenning yaitu discovery learning interactive demonstration inquiry lesson inquiry laboratory dan real word application. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa buku siswa memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata sebesar 4 1 dan buku guru memenuhi kriteria sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 4 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis level inkuiri pada materi sistem koloid layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia namun masih perlu diuji keefektivannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item