Pengembangan modul hidrolisi garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA/MA / Sandra Putri Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul hidrolisi garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA/MA / Sandra Putri Karina

Karina, Sandra Putri (2017) Pengembangan modul hidrolisi garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA/MA / Sandra Putri Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karina Sandra Putri. 2017. Pengembangan Modul Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (1) Drs. Dermawan Afandy M.Pd (2) Drs. Parlan M.Si Kata kunci pengembangan modul inkuiri terbimbing hidrolisis garam Hidrolisis garam adalah materi kimia yang mengandung konsep berurutan aplikasi matematik dan banyak membutuhkan prasyarat. Untuk dapat memahami materi hidrolisis garam dengan baik siswa dituntut untuk memiliki kemampuan prasyarat antara lain menguasai konsep asam basa kekuatan asam reaksi penggaraman reaksi ionisasi kesetimbangan kimia dan kesetimbangan air. Berdasarkan hasil observasi di SMA Brawijaya Smart School Malang terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran kimia yaitu (1) Siswa tidak memiliki pegangan buku teks kimia sehingga siswa tidak mempunyai sumber belajar mandiri (2) Jumlah buku kimia yang ada di perpustakaan terbatas dan (3) Buku teks kimia yang ada masih bersifat deskriptif sehingga tidak ada proses perolehan konsep oleh siswa. Dengan melihat kenyataan tersebut perlu dikembangkannya sumber belajar bagi siswa. Sumber belajar yang dikembangkan berupa modul agar dapat digunakan pada saat proses pembelajaran di kelas maupun untuk belajar mandiri di luar jam pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu menghasilkan modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA/MA. Model pengembangan modul ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four D) Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Define (Pembatasan) (2) Design (Merancang) (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu. Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator untuk perbaikan modul ini. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh persentase hasil validasi isi oleh validator sebesar 87 00% dan hasil uji keterbacaan siswa sebesar 81 64%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing ini telah memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. ABSTRACT Karina Sandra Putri. 2017. Development of Guided Inquiry Based Salt Hydrolysis Module for Grade XI of Senior High School/Madrasah Aliyah. Thesis. Department of Chemistry. Faculty of Mathematics and Science. State University of Malang. Advisors (1) Drs. Dermawan Afandy M.Pd (2) Drs. Parlan M.Si Keyword development module guided inquiry salt hydrolysis Salt hydrolysis is chemical materials that contain systematically concept mathematical application and need more precondition. To understanding salt hydrolysis well students are required to have ability of precondition such as concept of acid bases acid strength ionization chemical equilibrium and water equilibrium constant. Based on the result of observation in Senior High School of Brawijaya Smart School Malang there are some problem in chemistry learning process that are (1) The student don t have handed-book so they don t have any source to study by their own (2) Limited book in library and (3) Chemical textbooks are still descriptive so there is no process of concept acquisition by students. With that fact it need to develop source of learning for student. Learning recourse that developed is module in order to use during learning process in classroom or for independent study. This research was purpose to producing a guided inquiry-based salt hydrolysis module for grade XI SMA / MA. Model development of this module is adapting 4D Thiagarajan development model which consists of 4 stage (1) Define (2) Design (3) Develop and (4) Disseminate. This research only done until develop step because of limited time. Data obtained from the validation results in the form of quantitative data and qualitative data. Quantitative data were obtained from the assessment questionnaire to determine the validity of modules. Qualitative data is obtained from validator s comments and suggestions for the improvement of this module. Based on the data analysis that has been carried out the results obtained by the percentage of content validation results by the validator of 87.00% and the results of student legality test of 81.64%. From these results it can be concluded that this guided inquiry-based salt hydrolysis module has very valid criteria and can be used in the learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item