Pengembangan bahan ajar hidrolisis garam untuk siswa SMA/MA Programn IPA dengan menggunakan penekatan saintifik / Ninda Astri Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar hidrolisis garam untuk siswa SMA/MA Programn IPA dengan menggunakan penekatan saintifik / Ninda Astri Andriani

Andriani, Ninda Astri (2017) Pengembangan bahan ajar hidrolisis garam untuk siswa SMA/MA Programn IPA dengan menggunakan penekatan saintifik / Ninda Astri Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Ninda Astri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam untuk Siswa SMA/MA Program IPA dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharti S.Pd. M.Si (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata-kata kunci bahan ajar Hidrolisis Garam pendekatan saintifik kurikulum 2013 Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang disarankan oleh Kurikulum 2013. Proses pembelajaran dalam pendekatan saintifik melibatkan keterampilan proses sains yang bertujuan agar siswa dapat menemukan sendiri konsep-konsep dengan bantuan yang seminimal mungkin dari guru. Faktanya menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik cenderung belum terlaksana dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya bahan ajar yang memenuhi. Hal ini dibuktikan dengan analisis beberapa bahan ajar di SMA yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang beredar belum sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran saintifik dan keterampilan proses sains. Salah satu materi kimia SMA yang tercantum dalam Kurikulum 2013 adalah Hidrolisis Garam. Materi Hidrolisis Garam mencakup representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan 3 representasi kimia pada materi Hidrolisis Garam dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar Hidrolisis Garam dilakukan dengan menggunakan model 4D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. (1974) dengan langkah-langkah sesuai sintaks pada pendekatan saintifik. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Kerja Siswa dan Buku Pedoman Guru. Uji kelayakan bahan ajar mencakup aspek kelayakan penyajian isi kebahasaan dan kegrafisan. Uji kelayakan dilakukan berdasarkan instrumen yang dikembangkan oleh BSNP yang telah dimodifikasi menyesuaikan bahan ajar yang dikembangkan. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi oleh validator ahli yaitu dosen Jurusan Kimia dan guru kimia SMA dan uji keterbacaan oleh sekelompok kecil siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa Buku Kerja Siswa memiliki kelayakan penyajian sebesar 95 0% kelayakan isi 86 7% kebahasaan 90 8% dan kegrafisan 86 7%. Secara umum didapatkan persentase rata-rata kelayakan Buku Kerja Siswa sebesar 89 8%. Buku Pedoman Guru memiliki kelayakan petunjuk umum sebesar 96 7% kelayakan untuk RPP dan pedoman penilaian 92 4% dan kelayakan urutan dalam membimbing siswa untuk mengkonstruk konsep 89 5%. Secara umum didapatkan persentase rata-rata kelayakan Buku Pedoman Guru sebesar 92 9%. Pada uji keterbacaan didapatkan hasil sebesar 77 1%. Dengan demikian bahan ajar Hidrolisis Garam dengan menggunakan pendekatan saintifik hasil pengembangan dapat dianggap layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. ABSTRACT Andriani Ninda Astri. 2017. Development of Salt Hydrolysis Learning Materials for Science Program s High School Students using Scientific Approache. Thesis Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Suharti S. Pd. M.Si (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Keywords learning materials scientific approach Indonesia s 2013 Curriculum Salt Hydrolysis chemistry representations Scientific approach is a recommended learning approach in the Indonesia s 2013 Curriculum. The learning process in scientific approach involves building science process skill that aims which facilitate students to construct their concepts with teacher assistance as minimal as possible. However many practices of scientific approach were not carried out properly. One of important factor which influence the successful of the approach is the availability of learning materials that meet syntax of scientific approach. Survey on the available learning materials indicates that Salt Hydrolysis is presented as recommended by the Indonesia s 2013 Curriculum. In addition Salt Hydrolysis material is rarely represented at macroscopic microscopic and symbolic levels. Therefore the purpose of this research is to develop the learning materials using the scientific approach in the Salt Hydrolysis material at three representations and to know the level of eligibility of the developed materials. The salt hydrolysis learning materials were development following 4D model (four D model) developed by Thiagarajan et al. (1974) with corresponding syntax steps on a scientific approach.Learning materials were developed in the form of the Student Workbook and Teacher Handbook. The eligibility test materials cover the appropriateness of presentation content linguistic and graffiti. The data was collected using an instrument developed by BSNP which has been modified to meet the character of the developed material and the respondent are for Lecturer Chemistry Department and high school chemistry teacher.Readability test was done at a small group of students. The validation results indicated that the Student Workbook has eligibility on presentation of 95.0% the eligibility on the content of 86.7% linguistic of 90.8% and graffiti of 86.7%. In general the average eligibility percentage of Student Workbook is 89.8%. The Teacher Handbook has eligibility of general instructions of 96.7% eligibility for RPP and assessment guidelines of 92.4% and eligibility of sequences in guiding students in constructing concept of 89.5%. In general the average eligibility percentage of Teacher Handbook is 92.9%. The readability test results is 77.1%. Therefore the developed learning materials of Salt Hydrolysis by using a scientific approach is considered to be eligible to be used as learning material for trial in classrooms. Improvement could be done following the trial results.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item