Efektivitas teknik roleplaying sebagai media pengenalan karier bagi siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Elva Tristiana Dwi Rahayu Winanda Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas teknik roleplaying sebagai media pengenalan karier bagi siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Elva Tristiana Dwi Rahayu Winanda Saputri

Saputri, Elva Tristiana Dwi Rahayu Winanda (2016) Efektivitas teknik roleplaying sebagai media pengenalan karier bagi siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Elva Tristiana Dwi Rahayu Winanda Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tristiana Elva. 2015. Efektivitas Teknik Roleplaying Sebagai Media Pengenalan Karier Bagi Siswa Kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd (2) Dr. H. IM. Hambali M.Pd Kata kunci roleplaying pengenalan karier siswa kelas 3 SD. Pengenalan karier sejak usia dini sangat diperlukan tidak terkecuali bagi siswa kelas tiga di SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar pernyataan tersebut didukung oleh fakta di lapangan ketika beberapa siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar ditanya tentang macam-macam pekerjaan yang ada di sekitar rumahnya maka ia hanya mampu menjawab beberapa pekerjaan dan belum mampu membedakan pekerjaan tersebut berada pada bidang apa (wawancara dilakukan secara langsung dengan siswa pada tanggal 10 November 2014). Siswa akan mengalami kesulitan dalam memilih jenis pekerjaan apabila mereka tidak memiliki pengetahuan mengenai ragam pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar. Roleplaying adalah salah satu teknik bimbingan kelompok yang dapat membantu siswa dalam mengenal karier khususnya bagi siswa keas 3 di SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan roleplaying sebagi media pengenalan karier bagi siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan one group pretest posttest desain. Pengumpulan data menggunakan pengenalan karier dan observasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon membandingan hasil pretest dan posttest setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan roleplaying efektif sebagai media pengenalan karier bagi siswa kelas 3 SDN 01 Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi p-value sebesar 0 043 (

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item