Analisis tingkat pemahaman makroskopik, submikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pamekasan pada matari Laju Reaksi / Riska Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat pemahaman makroskopik, submikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pamekasan pada matari Laju Reaksi / Riska Nurhidayati

Nurhidayati, Riska (2017) Analisis tingkat pemahaman makroskopik, submikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pamekasan pada matari Laju Reaksi / Riska Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhidayati Riska. 2017. Analisis Tingkat Pemahaman Makroskopik Submikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan pada Materi Laju Reaksi. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Drs. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya S.Si. M.Sc. Kata Kunci tingkat pemahaman representasi makroskopik representasi submikroskopik representasi simbolik laju reaksi Topik-topik pembelajaran kimia berisi tentang pembahasan suatu materi yang kebanyakan konsepnya bersifat abstrak dan kompleks. Konsep-konsep tersebut dapat dipahami dengan baik jika pembelajaran mampu menghubungkan antar konsep satu dengan yang lainnya yang dijelaskan dengan representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik. Oleh karena itu selama proses pembelajaran kimia diperlukan ketekaitan antar representasi tersebut. Salah satu materi dalam ilmu kimia yang perlu dijelaskan dengan tiga representasi adalah laju reaksi. Ini dapat ditinjau dari salah satu sub babnya yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pamekasan pada representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik serta hubungannya antar ketiga representasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 5 SMA Negeri 2 Pamekasan tahun pelajaran 2017/2018 yang telah menerima materi laju reaksi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah 17 soal objektif dengan 5 pilihan jawaban yang dikembangkan oleh peneliti dan pemberian alasan terbuka yang terdiri atas 5 soal representasi makroskopik 5 soal representasi submikroskopik dan 7 soal representasi simbolik. Penelitian diawali dengan pembuatan instrumen tes kemudian dilanjutkan dengan tahap validasi isi dan uji coba tes yang menghasilkan validitas butir soal sebesar 17 soal valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0 959. Setelah diperoleh kelayakan soal tes dilakukan pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menghitung persentase rata-rata yang menjawab benar soal pada masing-masing representasi dan tiap butir soal. Selanjutnya analisis hubungan antar representasi dilakukan dengan uji korelasi product moment menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21 for Windows. Alasan terbuka digunakan untuk menganalisis lebih dalam mengenai tingkat pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman konsep laju reaksi siswa pada representasi makroskopik tergolong kategori cukup yaitu sebesar 54 02% tingkat pemahaman konsep laju reaksi siswa pada representasi submikroskopik tergolong kategori rendah yaitu sebesar 44 83% dan tingkat pemahaman konsep laju reaksi siswa pada representasi simbolik tergolong kategori tinggi yaitu sebesar 60 99%. Ada hubungan yang kuat antara representasi makroskopik-submikroskopik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 717 dan nilai persentase sumbangan pemahaman siswa pada representasi makroskopik sebesar 51 41% terhadap pemahaman siswa pada representasi submikroskopik. Ada hubungan yang lemah antara representasi makroskopik-simbolik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 423 dan nilai persentase sumbangan pemahaman siswa pada representasi makroskopik sebesar 17 89% terhadap pemahaman siswa pada representasi simbolik. Ada hubungan yang lemah antara representasi submikroskopik-simbolik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 482 dan nilai persentase sumbangan pemahaman siswa pada representasi submikroskopik sebesar 23 23% terhadap pemahaman siswa pada representasi simbolik. ABSTRACT Nurhidayati Riska. 2017. Analysis of Undestanding Levels of Macroscopic Submicroscopic and Symbolic of 11th Year Students of State Senior High School 2 Pamekasan on Reaction Rate. Undergraduate Thesis Department of Chemistry FMIPA State University of Malang. Supervisors (I) Prof. Drs. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya S.Si. M.Sc. Keywords understanding levels macroscopic representation submicroscopic representation symbolic representation reaction rate Chemical topics contain concepts with are abstract and complicated. The concepts can be well understood if teaching learning activities are able to develop realiationships of the concepts with macroscopic submicroscopic and symbolic representations. One of the concepts which needs to be discussed in those representations is the concept reaction rate. Amonngst the important sub-concepts of the concept of reaction rate are the factors which influance the rate of reaction. This study aimed to reveal student s understandings of reaction rate concepts at the levels of macroscopic submicroscopic and symbolic representations and the relationship between them. This study used a descriptive design. The sample of the study consisted of 11th year students of IPA 1 and IPA 5 State Senior High School 2 in Pamekasan in academic year 2017/2018. The sampling was done by using convenience sampling technique from the students who have studied reaction rate topic. Data collecting instrument consisted of 17 objective problems with five choices which were developed by the writer and an open-ended reasoning consisted of five macroscopic representation related problems five submicroscopic representation related problems and eight symbolic representation related problems. The instruments were then subjected to a validation process of the content and a test trials. 17 problem was scorred as valid with a reliability index of 0.959. After validation of the instument data collection was conducted. The data obtained were analyzed by calculating the average percentage from that correct answers of the questions in each representation. Further the relationship analysis between representations was done by product moment correlation test using SPSS 21 for Windows . Open reasons of the students were used to acsess deeply to understandings of the students. The results of the research showed that the levels of student s understandings of the concepts of reaction rate in macroscopic representation was categorized as sufficient at 54.02% in submicroscopic representation was categorized as low at 44.83% and in symbolic representation was categorized as high at 60 99%. These study also identified a strong correlation between macroscopic-submicroscopic representations with the correlation coefficient of 0.717. It means the macroscopic representation contributed 51.41% to students understanding of submicroscopic representation. A weak correlation between the macroscopic-symbolic representations with a correlation coefficient of 0.423 and was also indicated which means a contribution of 17.89% to the students understanding on symbolic representation. A weak correlation between the symbolic submicroscopic representations with the correlation coefficient of 0.482 was also indicated which means a contribution of 23.23% to the students understanding on symbolic representation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item