Pengembangan bahan ajar laju reaksi digital berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI SMA/MA / Yunisa Rosiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar laju reaksi digital berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI SMA/MA / Yunisa Rosiyanto

Rosiyanto, Yunisa (2017) Pengembangan bahan ajar laju reaksi digital berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI SMA/MA / Yunisa Rosiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosiyanto Yunisa. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil S.Pd. M.Si (2) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata Kunci bahan ajar digital inkuiri terbimbing laju reaksi Ilmu kimia memiliki karakteristik yaitu mengajak peserta didik untuk belajar layaknya kimiawan belajar maka dalam proses membelajarkan kimia digunakan pendekatan yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dipandang sesuai dengan karakteristik ilmu kimia dan karakteristik kurikulum 2013 adalah inkuiri terbimbing. Dalam suatu kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran kimia diperlukan adanya sumber belajar. Dalam mata pelajaran kimia banyak sekali terdapat konsep salah satunya pada materi laju reaksi. Banyaknya kesulitan peserta didik dalam belajar materi laju reaksi perlu segera diatasi dan ditemukan solusinya. Materi laju reaksi memuat tiga representasi kimia di dalamnya yaitu aspek makroskopik submikroskopik dam simbolik. Buku-buku ajar yang digunakan selama ini adalah bahan ajar cetak penjelasan yang diberikan terbatas pada teks dan gambar. Oleh karena itu bahan ajar yang dikembangkan dapat mencakup audio video dan animasi didalamnya yaitu dengan menggunakan bahan ajar digital. Bahan ajar digital ini dapat mengkonstruk cara berpikir peserta didik yang benar dengan tahapan inkuiri terbimbing didalamnya. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar laju reaksi digital berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan layak. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar digital ini adalah model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu define design develop disseminate. Namun pada pengembangan ini tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan biaya. Instrumen validasi berupa angket dengan skala likert. Uji validasi yang dilakukan oleh dosen kimia dan guru SMA yaitu menvalidasi isi media dan isi materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 10 peserta didik kelas XI SMA melalui angket. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari empat bagian pokok yaitu bagian pra-pendahuluan bagian pendahuluan bagian isi dan bagian penutup. Hasil analisis data uji validasi isi materi diperoleh presentase sebesar 100% dengan kriteria layak dan uji validasi media diperoleh presentase sebesar 99 16% dengan kriteria layak. Sedangkan uji coba kelompok kecil diperoleh kriteria layak dengan presentase sebesar 86 8%. Bahan ajar digital dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik maupun membantu guru dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah dapat mengembangkan bahan ajar digital yang dapat dioperasikan pada android dan menguji efektivitas dari bahan ajar digital dalam proses pembelajaran dikelas dengan mengguanakan strategi dan model pembelajaran tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item View Item