Analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Singosari ditinjau dari klasifikasi program semester pada submateri sifat periodik unsur / Rita Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Singosari ditinjau dari klasifikasi program semester pada submateri sifat periodik unsur / Rita Nurdiana

Nurdiana, Rita (2017) Analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Singosari ditinjau dari klasifikasi program semester pada submateri sifat periodik unsur / Rita Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiana Rita. 2017. Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Singosari Ditinjau dari Klasifikasi Program Semester pada Sub Materi Sifat Periodik Unsur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Suharti S.Pd. M.Si. Kata-kata kunci keterampilan argumentasi ilmiah claim data warrant backing dan qualifier. Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan hal penting dalam proses belajar sains karena merupakan aktivitas inti dari penyelidikan ilmiah. Berdasarkan kajian literatur dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan argumentasi ilmiah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu pembelajaran namun data penelitian yang mendukung teori tersebut belum banyak ditemukan dalam bidang sains khususnya kimia. Penelitian mengenai keterampilan argumentasi ilmiah dilaksanakan di SMAN 1 Singosari hal ini dikarenakan di SMAN 1 Singosari mempunyai klasifikasi program semester yang terdiri dari program 4 semester program 5 semester dan program 6 semester yang diklasifikasikan berdasarkan tes IQ. Perbedaan IQ tersebut dimungkinkan berpengaruh pada keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik program 4 semester program 5 semester program 6 semester dan hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IPA A 16 IPA B 16 dan IPA C 16 SMAN 1 Singsosari yang secara berturut-turut sedang menempuh program 4 semester program 5 semester dan program 6 semester yang berjumlah 106 peserta didik. Data tentang keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik diukur dengan tes keterampilan argumentasi ilmiah yang berbentuk essai sebanyak 3 soal yang dikembangkan mengacu pada soal tes argumentasi Kalatunga (2013) dan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik didasarkan pada hasil wawancara dan observasi. Analisis mengenai keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik menggunakan sistem kategori kualitas argumen modifikasi dari Cetin (2014) analisis mengenai hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik menggunakan teknik Kruskal-Wallis kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan teknik Mann-Whitney One Tail. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dianalisis berdasarkan hasil wawancara dan hasil observassi. Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian ini meliputi kredibilitas dependebilitas transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada sub materi sifat periodik unsur menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada (a) program 4 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 55 24% kemudian level 2a sebesar 1 91% level 2c sebesar 0 95% dan level 3b sebesar 0 95%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 40 95%. (b) program 5 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 64 71% kemudian level 2a sebesar 2 94%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 32 35%. (c) program 6 semester didominasi pada level 1 dengan persentase sebesar 44 14% dan level 3a sebesar 1 8%. Persentase peserta didik yang menjawab tidak tepat sebesar 52 39%. (d) Terdapat hubungan program semester terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik paling tinggi dicapai pada program 5 semester kemudian program 4 semester dan terakhir program 6 semester. Meskipun rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah dicapai oleh program 5 semester namun level tertinggi dicapai oleh program 4 semester. (e) Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik adalah pemahaman peserta didik terhadap sub materi sifat periodik unsur dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan argumentasi. ABSTRACT Nurdiana Rita. 2017. Analysis of students saintific Argumentation Ability at SMAN 1 Singosari Interm of Clasification of semester Programe in Properties Periodic Element Subtopic. Thesis Chemistry Education Study Program State University of Malang. Supervisors (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (II) Dr. Suharti S.Pd. M.Si. Keyword ability of saintific argumentation claim data warrant backing and qualifier. Scientific argumentation ability are important in the learning process of science this is because argumentation is a core activity of scientific inquiry. Based on literature review involving students in scientific argumentation activities can improve student s understanding of a lesson but research result that supporting theory have not been found in science especially chemistry. Research on scientific argumentation ability held in SMAN 1 Singosari this is because SMAN 1 Singosari has classification of semester program consisting of 4 semester program 5 semester program and 6 semester program which is classified based on IQ test. The difference in IQ is possible to influence the students scientific argumentation ability. The purpose of this research is to know the ability of scientific argument of learners 4 semester program 5 semester program and 6 semester program and relationship of semester program to students scientific argumentation ability. This research uses descriptive qualitative approach. The subjects of this study are students of science class A 16 IPA B 16 and IPA C 16 SMAN 1 Singsosari who are successively taking 4 semester program 5 semester program and 6 semester program which totals 106 students. The data about students scientific argumentation ability is measured by essay test scientific argumentation based on the Ushiri Kumarihamy Kalatunga (2013) and data about the factors that influence students scientific argument ability are based on interview and observation. Analysis of students scientific argument ability using Cetin s modified argument quality category system (2014) and the analysis of semester program relationship on students scientific argument ability using Kruskal-Wallis technique then analyzed further using Mann-Whitney One Tail technique. Factor that influence students saintific argumentation analysed by interview and observation. Validity checks of findings in this study include credibility dependency transferability and confirmability. The result of student s saintific argumentation ability on properties periodic element topic shows that the students scientific argumentation ability in (a) 4 semester program is dominated at level 1 with percentage 55 24% then level 2a 1 91% level 2c 0.95% and level 3b 0.95%. The percentage of students who answered was not exactly 40.95%. (B) 5 semester program is dominated at level 1 with percentage 64 71% then level 2a 2 94%. The percentage of students who answered was not exactly 32.35%. (C) 6 semester program is dominated at level 1 with a percentage of 44.14% and level 3a 1.8%. The percentage of students who answered was not exactly 52.39%. (D) There is a relationship of semester program to students scientific argumentation ability. The average scientific ability of the highest student argument is achieved by the 5 semester program then 4 semester program and last 6 semester program. Although the average scientific argumentation ability is achieved by the 5 semester program the highest level is achieved by the 4 semester program. (e) Factors that influence students scientific argument ability are the understanding of students properties periodic element subtopic and the involvement of student in the activities of argumentation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item View Item