Analisis pemahaman konsep siswa terhadap materi Termokimia berdasarkan knowledge Space Theory (KST) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo / Berlian Enggarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep siswa terhadap materi Termokimia berdasarkan knowledge Space Theory (KST) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo / Berlian Enggarani

Enggarani, Berlian (2017) Analisis pemahaman konsep siswa terhadap materi Termokimia berdasarkan knowledge Space Theory (KST) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo / Berlian Enggarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Enggarani Berlian. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa terhadap Materi Termo-kimia Berdasarkan Knowledge Space Theory(KST) pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S (II) Drs. Moh. Sodiq Ibnu M.Si. Kata kunci tingkat pemahaman konsep pola pemahaman termokimia Knowledge Space Theory (KST) Pada observasi saat KPL pelajaran kimia adalah salah satu pelajaran yang di-anggap sulit. Kesulitan siswa ini membawa dampak yang kurang baik yaitu rendahnya kualitas sains. Hal ini dikarenakan lemahnya konsep awal dan kurang optimalnya pema-haman siswa tentang materi kimia. Salah satu materi dalam ilmu kimia yang dianggap sulit yaitu termokimia dimana termokimia ini mencakup kemampuan konseptual ke-mampuan algoritmik dan kegiatan praktikum. Sehingga diperlukan pemahaman konsep yang baik dan terstruktur untuk bisa memahami materi tersebut. Dari uraian dapat di-katakan untuk mendapatkan konsep termokimia yang benar maka skema atau pola pe-mikiran siswa harus terstruktur. Pada penelitian ini digunakan metode knowledge space theory (KST) untuk mengetahui pemahaman siswa yaitu tingkat dan pola pemahaman. Knowledge space theory merupakan sebuah metode untuk menjelaskan bagaimana menggambarkan peta struktur pengetahuan siswa dalam memahami sesuatu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana dalam analisis data menggu-nakan metode KST. Subyek penelitian adalah dua kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ponoro-go dengan jumlah siswa sebanyak 61 siswa. Data diperoleh melalui instrumen tes ter-tulis sebanyak 25 butir soal pilihan ganda beralasan. Butir soal ini sudah dikategorikan untuk mempermudah analisis yang semuanya valid dengan realibilitas 0 696. Data hasil penelitian berupa jawaban soal siswa yang kemudian dianalisis untuk dieksplorasi hubu-ngan antar kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman siswa SMA Negeri 1 Ponorogo dalam memahami materi termokimia tergolong tinggi (67 9%) tetapi belum terstruktur dalam pengerjaannya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pemahaman kon-sep siswa mengenai materi termokimia sehingga hubungan antar konsep tidak mereka ketahui (2) pola pemahaman siswa SMA Negeri 1 Ponorogo dalam menggambarkan materi termokimia dikelompokkan menjadi beberapa tipe yaitu (a) siswa tidak mema-hami keterkaitan antar konsep dari tiap indikator (b) siswa belum dapat menghubung-kan konsep 1 dengan konsep yang lain dengan baik siswa menggunakan Konsep dasar Termokimia untuk memahami konsep Reaksi Eksoterm Endoterm Persamaan Ter-mokimia Penetuan Entalpi Standar konsep Reaksi Eksoterm Endoterm untuk memaha-mi konsep Persamaan Termokimia dan Penentuan Entalpi Standar dan konsep Persama-an Termokimia untuk memahami konsep Penetuan Entalpi Standar (c) siswa dapat me-mahami 3 konsep namun belum komplek siswa hanya dapat menggunakan Konsep da-sar Termokimia dan Reaksi Eksoterm Endoterm untuk memahami konsep Persamaan Termokimia Konsep dasar Termokimia dan Persamaan Termokimia untuk memahami konsep Penentuan Entalpi Standar dan menggunakan konsep Reaksi Eksoterm Endo-term dan Persamaan Termokimia untuk memahami konsep Penentuan Entalpi Standar . ABSTRACT Enggarani Berlian. 2017. Analysis of Student Understanding Concept on Termochemi-cal Material Using Knowledge Space Theory (KST) Method at Student of Class XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate Thesis Chemistry Department Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S (II) Drs. Moh. Sodiq Ibnu M.Si. Keywords comprehension level concept understanding pattern thermochemistry Knowledge Space Theory (KST) In the internship observations chemistry is one of the lessons considered diffi-cult. The difficulties of these students have had an unfavorable impact namely the low quality of science. This is due to the weakness of the initial concept and the less opti-mum understanding of students about chemicals. One of the most difficult materials in chemistry is thermochemistry which includes conceptual abilities algorithmic abilities and practicum activities. So it takes a good understanding of the concept and structured to be able to understand the material. From the description it can be said to get the cor-rect thermochemical concept hence the scheme or pattern of student s mind must be structured. In this research used Knowledge Space Theory (KST) method to identify the students understanding that is level and understanding pattern. Knowledge space theory is a method to explain how to describe the map of students knowledge structure in un-derstanding something. This research is a descriptive research. Type of approach used in this study was a qualitative approach which in the data analysis using KST method. The subjects of the study were two classes of XI MIA SMA Negeri 1 Ponorogo with a total of 61 students. The data were obtained through a written test instrument of 25 items of multiple choice options. These problems have been categorized to facilitate the analysis all of which are valid with 0.696 realibility. The data of the research are the answers of the students which are then analyzed to explore the relationship between categories. The results showed that (1) the understanding level of SMA Negeri 1 Ponorogo students in understanding thermochemical material is high (67.9%) but not yet structur-ed in the process. This is due to the limitations of students concurrent understanding of thermochemical material so the relationship between concepts is not known (2) the un-derstanding pattern of SMA Negeri 1 Ponorogo students in describing the thermochemi-cal material grouped into several types namely (a) the students do not understand the interrelationship between The concept of each indicator (B) the student has not been able to relate concept 1 to another concept well the student uses the Basic Thermoche-mical Concept to understand the concept of Endothermic Exothermic Reaction Ther-mochemical Equation Standardized Enthalpy Specification The concept of the Endo-therm Exothermic Reaction to understand the concept of Thermochemical Equations and the Determination of Standard Enthalpy And the concept of Thermochemical Equations to understand the concept of Standard Enthalpy Questioning (c) students can understand 3 concepts but not yet complex students can only use the Basic Thermoche-mical Concept and Endothermic Exothermic Reaction to understand the concept of Thermochemical Equations Basic concepts of Thermochemistry and Thermochemical Equations to understand the concept of Standardized Enthalpy Determination And using the concept of Exothermic Endothermic Reaction and Thermochemical Equations to understand the concept of Standard Enthalpy Determination.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item