Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu pada pokok bahasan asam dan basa / Dwi Ratna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu pada pokok bahasan asam dan basa / Dwi Ratna Wulandari

Wulandari, Dwi Ratna (2017) Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu pada pokok bahasan asam dan basa / Dwi Ratna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Dwi Ratna. 2017. Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu pada Pokok Bahasan Asam dan Basa. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata kunci discovery learning study history sheet (SHS) hasil belajar asam dan basa. Asam dan basa merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata pelajaran kimia yang mempelajari aspek makroskopis submikroskopis dan simbolik sehingga pembelajarannya harus didukung oleh model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik. Salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivistik adalah Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning dapat membantu peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang utuh sehingga hasil belajar yang diperoleh akan baik. Penggunaan SHS akan mendukung keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning serta membantu peserta didik untuk belajar dan menghindari terjadinya kesalahan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan SHS pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan asam dan basa. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi-Eksperimental Design jenis Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu diambil 2 kelas dari total 5 kelas XI MIA yang ada di SMA Negeri 02 Batu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan SHS sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data hasil belajar adalah soal ulangan harian. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Analisis statistik dilakukan menggunakan rumus Independent Sampel t-Test dengan taraf sig. sebesar 0 05 dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pokok bahasan asam dan basa yang diperoleh peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan SHS lebih tinggi daripada di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Hasil belajar peserta didik kelas XI-MIA SMA Negeri 02 Batu di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan SHS lebih tinggi daripada di kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS dengan nilai sig. sebesar 0 015. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 82 79 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang sebesar 78 19. ABSTRACT Wulandari Dwi Ratna. 2017. The Effect of Study History Sheet (SHS) Use on Discovery Learning Model towards Students Learning Result for XI-MIA Grade at SMA Negeri 02 Batu on Acid and Base Subject. Sarjana s Thesis Department of Chemistry Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Supervisors (I) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Keywords discovery learning study history sheet (SHS) learning result acid and base. Acid and base is one of topics on chemistry subject which study about macroscopic submicroscopic and symbolic aspects so that the learning process should be supported by learning model which is constructivist-based. One of learning models which is constructivist-based is Discovery Learning. This model helps students to achieve the whole comprehension so they will achieve good learning results. The use of SHS will support the implementation of Discovery Learning model and help students to study and avoid the error of concept. The aim od this study is to find out the effect of SHS use on Discovery Learning model towards students learning results on acid and base subject. This study uses Quasi-Experimental Design with Posttest Only Design type. The sampling technique is done by using Cluster Random Sampling technique which is taken from 2 out of 5 classes on XI MIA at SMA Negeri 02 Batu. The samples used on this study are students of XI-MIA 3 grade as the experiment group and XI-MIA 4 grade as the control group. The experiment group is taught using Discovery Learning and SHS learning model while control group is taught by using Descovery Learning without SHS. The instrument uses to take data of learning results is test items of daily exam. The data obtained are analyzed using descriptive and statistic analysis. Statistic analysis is done through using Independent Sampel t-Test formula by standard of significant of 0.05 by the aid of SPSS 16 program for Windows. The result of study shows that the learning result on acid and base subject obtained by students of XI-MIA at SMA Negeri 02 Batu who are taught using Discovery Learning dan SHS learning model is higher than those who are taught by Discovery Learning without SHS. The level of significant on both of those treatments was 0.015. The average score of students learning result on experimental group was 82.79 which was higher than the average score on control group i.e. 78.19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

View Item View Item