Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik untuk peserta didik SMA/MA / Putri Desita Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik untuk peserta didik SMA/MA / Putri Desita Wulandari

Wulandari, Putri Desita (2017) Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik untuk peserta didik SMA/MA / Putri Desita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Putri Desita. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Representasi Makroskopik Submikroskopik dan Simbolik untuk Peserta Didik SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd (II) Dr. H. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar Makroskopik Submikroskopik Simbolik Redoks Elektrokimia. Materi reaksi oksidasi-reduksi (redoks) dan elektrokimia merupakan salah satu materi kimia yang syarat dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak dan menuntut pemahaman pada level makroskopik submikroskopik serta simbolik. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik pada materi reaksi redoks dan elektrokimia tergolong rendah. Kesulitan peserta didik dapat disebabkan oleh karakteristik materi reaksi redoks dan buku kimia yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut perlu pengembangan bahan ajar yang dapat menutupi kekurangan buku kimia yang telah beredar agar dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan bahan ajar materi reaksi redoks dan elektrokimia berbasis representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik untuk peserta didik SMA/MA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penelitian dan pengembangan ini terbatas pada tahap pengembangan (develop) penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Bahan ajar divalidasi oleh 3 validator yaitu dosen kimia UM dan guru kimia SMAN 1 Ponggok Blitar serta uji keterbacaan dilakukan pada 10 peserta didik SMAN 1 Ponggok Blitar. Data hasil validasi dan uji keterbacaan terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berisi rata-rata penilaian dari angket validasi yang disusun dalam skala Likert yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Data kualitatif berisi saran kritik dan tanggapan terhadap bahan ajar yang dikembangkan sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam perbaikan bahan ajar. Produk hasil pengembangan berupa buku siswa dan buku guru pada materi reaksi redoks dan elektrokimia. Hasil validasi oleh validator menunjukkan bahwa kelayakan buku siswa dan buku guru ditinjau dari segi kelayakan isi penyajian bahasa serta tata letak diperoleh persentase sebesar 91% dan 89% dengan kriteria sangat layak digunakan. Hasil uji keterbacaan peserta didik memberikan komentar yang positif dengan menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 86%. Bahan ajar hasil pengembangan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru dalam membantu proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22307

Actions (login required)

View Item View Item