Pengembangan buku ajar kimia pada pokok bahasan materi dan perubahannya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik SMP/MTs / Kurnia Annisa

Annisa, Kurnia (2017) Pengembangan buku ajar kimia pada pokok bahasan materi dan perubahannya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik SMP/MTs / Kurnia Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa, Kurnia. 2016. Pengembangan Buku Ajar Kimia padaPokokBahasanMateridanPerubahannyauntukMeningkatkanPemahaman Peserta didik SMP/MTs.Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Kimia, MateridanPerubahannya Materidanperubahannyamerupakankonsepdasardalammemahamikonsep-konsep yang adadalamkimia. Materidanperubahannyamerupakanpokokbahasan yang dianggapsulitolehpesertadidik. Beberapapenelitianmenunjukkanbahwapesertadidikmengalamikesulitandankesalahankonsep (miskonsepsi) terhadappokokbahasantersebut. Penyebabkesulitandankesalahankonsepantara lain model mental pesertadidik yang kurangsesuaidengan model konseptualdanpenjelasan yang kurangtepatdari guru maupunbuku ajar. Berdasarkanhaltersebutperlupengembanganbuku ajar untukmenyesuaikan model mental pesertadidikdengan model konseptual, sehinggapemahamanpesertadidikmengalamipeningkatan.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanbuku ajar padapokokbahasanmateridanperubahannya yang layakuntukpesertadidik SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan, yang mengacu padamodel 4-D (four D-models) yang meliputi 4 tahap, yaitu define (perencanaan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini terbatas pada tahap define, design,develop tanpa melakukan tahap disseminateBuku ajar hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yaitu satu dosen KimiaUM dan dua guru IPA dari SMPN 2 Mojowarno danSMPN 1 Singosari, dan uji keterbacaan dilakukan pada 10 peserta didik kelas VII SMPN 1 Singosari. Data hasil validasi dan uji keterbacaan terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif diperoleh dari perhitungan nilai rata-rata untuk mengetahui kelayakan buku ajar dan data kualitatif berupa komentar, kritik, dan saran dari validatoruntuk memperbaiki buku ajar yang dikembangkan. Produk hasil pengembangan berupa buku ajar kimia pada pokokbahasanmateridanperubahannya. Hasil validasi buku ajar oleh validator menunjukkan bahwa kelayakan komponen isi sebesar 89%, komponen penyajian sebesar 91%, komponen kegrafisan sebesar 91%, dan komponen bahasa sebesar 73%. Rata-rata persentase kelayakan buku ajar yang diperoleh sebesar 86% dengan kriteria sangatlayak digunakan. Hal inimenunjukkanbahwabuku ajar layakdigunakansebagaibukusuplemen. Buku ajarhasilpengembanganinimemilikibeberapakelebihanantara lain: (1) buku ajarinimenyajikanhubunganantarafenomena (peristiwa) dengangambaransubmikroskopikpartikelpenyusunmateridan (2) penyajianpokokbahasanberdasarkan data hasilpenelitiantentangkesulitandanmiskonsepsipadapokokbahasanmateridanperubahannya. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan persentase kelayakan sebesar 82% dengan kriteria layak digunakan. Hal inimenunjukkanbahwabuku ajar layakdigunakanolehpesertadidik. Buku ajar hasil pengembangan diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai buku pendamping bagi guru maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item