Pengembangan ensiklopedia unsur golongan transisi dan transisi dalam / Mahyuddin Syaifulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ensiklopedia unsur golongan transisi dan transisi dalam / Mahyuddin Syaifulloh

Syaifulloh, Mahyuddin (2016) Pengembangan ensiklopedia unsur golongan transisi dan transisi dalam / Mahyuddin Syaifulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syaifulloh Mahyuddin. 2016. Pengembangan Ensiklopedia Unsur Golongan Transisi dan Transisi Dalam. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Oktavia Sulistina S.Pd M.Pd. Kata kunci Ensiklopedia Unsur Unsur Golongan Transisi dan Transisi Dalam Berdasarkan komponen penyusunnya materi dikelompokkan menjadi unsur senyawa dan campuran. Unsur adalah suatu zat yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan cara kimia. Seiring perkembangan zaman dan teknologi banyak penemuan dan informasi baru mengenai unsur-unsur. Informasi-informasi tentang perkembangan unsur tersebut masih bertebaran maka diperlukan sebuah proses pengumpulan dan pengorganisasian informasi tentang unsur-unsur. Kesatuan informasi tentang unsur-unsur yang tertata dapat diwujudkan dalam bentuk ensiklopedia. Penyusunan ensiklopedia difokuskan pada unsur golongan transisi dan transisi dalam. Tujuan dari pengembangan ensiklopedia ini adalah menghasilkan ensiklopedia unsur golongan transisi dan transisi dalam dan untuk mengetahui kelayakan ensiklopedia hasil pengembangan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan ensiklopedia ini adalah Four-D Model (model 4D) dari Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu membatasi (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan mendeseminasikan (disseminate). Pengembangan ensiklopedia ini hanya dilakukan sampai tahap mengembangkan. Pada tahap membatasi dilakukan analisis pendahuluan dan analisis bahan kajian. Pada tahap merancang dilakukan rancangan tampilan awal telaah tampilan awal revisi tampilan awal dan rancangan tampilan akhir. Pada tahap mengembangkan dilakukan penyusunan ensiklopedia telaah ensiklopedia oleh dosen pembimbing revisi tahap I validasi ensiklopedia revisi ensiklopedia tahap II dan analisis hasil validasi. Ensiklopedia terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian isi memuat informasi tentang unsur meliputi identitas sifat-sifat sejarah penemuan terdapatnya di alam produksi keselamatan dan pencegahan manfaat dan kegunaan serta senyawa-senyawa dan kegunaannya. Ensiklopedia hasil pengembangan termasuk kategori sangat layak dengan tingkat kelayakan sebesar 80 8%. Hasil ini menunjukkan bahwa ensiklopedia yang telah dikembangkan adalah sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran mengenai unsur golongan transisi dan transisi dalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22297

Actions (login required)

View Item View Item