Pengembangan bahan ajar berbasis modified discovery-inquiry pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA / Muhibatul Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis modified discovery-inquiry pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA / Muhibatul Husna

Husna, Muhibatul (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis modified discovery-inquiry pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA / Muhibatul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Husna Muhibatul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modified Discovery-Inquiry pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci bahan ajar laju reaksi modified discovery-inquiry Dick Carey Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Implementasi pendekatan ilmiah pada pembelajaran kimia melalui pembelajaran kimia berbasis discovery/inquiry yang ditunjang oleh kompetensi pendidik serta ketersediaan bahan ajar. Bahan ajar kimia materi laju reaksi yang dibutuhkan adalah bahan ajar berbasis modified discovery-inquiry. Hasil penelitian dan analisis terhadap bahan ajar materi laju reaksi menunjukkan bahwa ketersediaan bahan ajar materi laju reaksi belum berbasis discovery/inquiry. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar materi laju reaksi berbasis modified discovery-inquiry dan (2) mengetahui kelayakan bahan ajar materi laju reaksi berbasis modified discovery-inquiry. Penelitian pengembangan menggunakan model Dick Carey 9 langkah yaitu (1) identifikasi tujuan pembelajaran (2) analisis materi pelajaran (3) analisis pembelajar (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi penyajian (7) mengembangkan bahan ajar (8) melakukan evaluasi formatif dan (9) melakukan revisi. Produk ini diuji coba melalui validasi dan uji terbatas dengan menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 dosen jurusan kimia Universitas Negeri Malang 1 guru kimia MAN 3 Malang dan 1 guru kimia MAN Gondanglegi Malang. Sedangkan uji terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas XII IPA 3 MAN Gondanglegi Malang. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berbasis modified discovery-inquiry materi laju reaksi untuk kelas XI SMA/MA terdiri dari 2 buku yaitu buku siswa dan buku guru. Karakteristik bahan ajar tersebut antara lain (1) mengacu pada KD 3.6 3.7 . 4.6 dan 4.7 Kurikulum 2013 dengan dilengkapi sub bab jenis-jenis laju reaksi dan (2) berbasis modified discovery-inquiry yang terdiri dari langkah stimulation problem statement data collection data processing verification dan generalization. Rata-rata skor hasil validasi bahan ajar oleh validator yaitu 86 8% yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan rata-rata skor hasil uji keterbacaan yaitu 94 6% yang dikategorikan sangat layak. Produk hasil pengembangan diharapkan dapat mendukung implementasi Kurikulum 2013 yaitu berbasis modified discovery-inquiry dan disarankan dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas bahan ajar serta dilakukan pengembangan bahan ajar dengan basis yang sama pada materi kimia yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22295

Actions (login required)

View Item View Item