Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia dengan model learning cycle 5 fase untuk siswa kelas XII SMA/MA sebagai penunjang kurikulum 2013 / Adawiah Daud - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia dengan model learning cycle 5 fase untuk siswa kelas XII SMA/MA sebagai penunjang kurikulum 2013 / Adawiah Daud

Daud, Adawiah (2016) Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia dengan model learning cycle 5 fase untuk siswa kelas XII SMA/MA sebagai penunjang kurikulum 2013 / Adawiah Daud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Daud Adawiah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks dan Elektrokimia dengan Model Learning Cycle 5 Fase untuk Siswa Kelas XII SMA/MA sebagai Penunjang Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Budiasih M.S. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci reaksi redoks elektrokimia learning cycle 5 fase Kimia sebagai salah satu cabang sains yang mengandung banyak konsep abstrak dan teoritis yang mempelajari tentang fenomena alam di sekitar secara sistematis. Elektrokimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan interkonversi energi listrik dan energi kimia beserta aspek kuantitatifnya. Reaksi Redoks dan Elektrokimia merupakan pokok bahasan dalam ilmu kimia yang bersifat kompleks karena materinya rumit dan banyak konsep bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Berdasarkan studi pustaka yang dilakukan Yolanda (2015) menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi reaksi redoks dan elektrokimia masih tergolong cukup namun beberapa indikator menunjukkan pemahaman siswa tergolong rendah dan sangat rendah sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan bahan ajar yang inovatif yang bisa mendorong siswa untuk berpikir. Bahan ajar tersebut bisa difasilitasi dalam model pembelajaran konstruktivistik yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Reaksi Redoks dan Elektrokimia dengan Model Learning Cycle 5 Fase untuk Siswa Kelas XII SMA/MA sebagai Penunjang Kurikulum 2013 dan menguji tingkat kelayakan bahan ajar. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan. Empat langkah pengembangan tersebut adalah define (perencanaan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Tahap pengembangan hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu dan biaya. Validasi isi bahan ajar dilakukan oleh validator dan uji keterbacaan oleh siswa . Validasi ahli dilakukan oleh satu orang dosen dan dua orang guru SMA sedangkan uji keterbacaan dilakukan pada sepuluh siswa SMA. Instrumen validasi berupa angket penilaian menggunakan skala Likert lima tingkat disertai dengan kolom tanggapan komentar dan saran . Kriteria penilaian meliputi kelayakan isi bahasa dan penyajian. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata hasil validasi dengan menggunakan teknik analisis rata-rata. Data kualitatif diperoleh dari komentar tanggapan dan saran dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Kedua data tersebut merupakan dasar untuk melakukan revisi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil pengembangan berupa bahan ajar pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia berbasis Learning Cycle 5 Fase diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan diperoleh persentase rata-rata untuk kriteria penilaian isi sebesar 93 33% kriteria penilaian bahasa sebesar 92 76% dan kriteria penilaian penyajian sebesar 91 55% sehingga diperoleh penilaian rata-rata sebesar 92 75%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar untuk pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia berbasis Learning Cycle 5 Fase untuk siswa kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22294

Actions (login required)

View Item View Item