Keefektifan konseling Kelompok Adler untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP / Mega Rahma Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling Kelompok Adler untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP / Mega Rahma Fitriani

Fitriani, Mega Rahma (2016) Keefektifan konseling Kelompok Adler untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP / Mega Rahma Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Mega Rahma. 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Adler untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M. Pd. (II) Drs. H. Lutfi Fauzan M. Pd. Kata Kunci konseling kelompok Adler keterampilan interpersonal siswa SMP Keterampilan interpersonal adalah keterampilan individu dalam memulai mengembangkan dan mempertahankan hubungan antarpribadi yang produktif. Keterampilan interpersonal menjadi penting karena tinggi rendahnya keterampilan interpersonal yang dimiliki akan mempengaruhi individu dalam mengembangkan hubungan sosial. Jika rendah maka individu akan mengalami banyak hambatan pada tugas-tugas kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan interpersonal. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan konseling kelompok Adler yang menekankan reedukasikognitif seperti nilai keyakinan dan minatsosial. Perilaku dapat muncul melalui proses belajar dan konseling kelompok Adler merupakan salah satu media belajar individu untuk memahami perilakunya yang kurang tepat. Dengan pemahaman baru diharapkan individu dapat menggunakan pemahaman barunya dalam mencapai superioritas sesuai dengan keunikan dan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok Adler untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP. Secara empirik konseling kelompok Adler belum diketahui keefektifannya sehingga peneliti membuat hipotesis penelitian untuk menguji keefektifan konseling kelompok Adler. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah interrupted time series. Subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil penyebaran angket keterampilan interpersonal dan memiliki skor yang tergolong rendah atau sedang. Subjek penelitian berjumlah lima siswa yang memiliki skor konsiten dari hasil tiga kali pretest. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik nonparametris melalui uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan uji ini diketahui bahwa Z -2 032 dengan signifikansi sebesar 0 042.Nilai signifikansi lebih besar dari 0 05 sehingga H0ditolak. Hasil analisis statistik keterampilan interpersonal ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test sehingga konseling kelompok Adler efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka peneliti mengajukan beberapa saran bagi yang mempunyai minat melakukan penelitian keterampilan interpersonal diantaranya adalah melakukan perubahan pada desain eksperimen seperti True Experimental Design dengan menggunakan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Sehingga peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Bagi konselor sekolah dapat menggunakan konseling kelompok Adler untuk meningkatkan keterampilan interpersonal dengan panduan yang telah tersusun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item