Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis guided scientific inquiry untuk siswa kelas X SMA/MA semester gasal / Amirotul Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis guided scientific inquiry untuk siswa kelas X SMA/MA semester gasal / Amirotul Hikmah

Hikmah, Amirotul (2016) Pengembangan bahan ajar struktur atom berbasis guided scientific inquiry untuk siswa kelas X SMA/MA semester gasal / Amirotul Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Amirotul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Guided Scientific Inquiry untuk Siswa Kelas X SMA/MA Semester Gasal. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muntholib S.Pd. M.Si. (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar struktur atom guided scientific inquiry. Ilmu Kimia diakui sebagai bidang ilmu pengetahuan yang cukup sulit. Salah satu materi kimia SMA yang dianggap sulit oleh guru dan calon guru kimia dalam mengajarkannya adalah struktur atom. Materi struktur atom bersifat abstrak. Disamping itu pembelajaran juga belum menekankan belajar bermakna bagi siswa. Upaya pemerintah untuk mengatasi situasi tersebut adalah melalui penggunaan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran Kurikulum 2013.Salah satu strategi pembelajaran yang berbasis pendekatan ilmiahadalah guided scientific inquiry.Keberhasilan suatu pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk mengajar tetapi juga dipengaruhi oleh bahan ajar yang digunakan sebagai pedoman bagi guru dan sumber belajar bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi buku kimia yang digunakan sudah mengacu pada Kurikulum 2013 namun belum menggunakan pendekatan saintifik secara efektifkarena penyajian materi dalam buku tersebut masih disajikan secara informatif khususnya struktur atom. Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar yang menyajikan materi sesuai dengan pendekatan ilmiah untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar struktur atom berbasis guided scientific inquiry untuk siswa kelas X SMA/MA semester gasal yang layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (4D-Model) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yakni (1) define (pendefinisian) (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebarluasan). Pada penelitian pengembangan ini tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Bahan ajar hasil pengembangan diuji melalui validasi ahli dan uji keterbacaan. Instrumen validasi dan uji keterbacaan berupa angket dengan menggunakan skala Likert 5 tingkat yang dilengkapi dengan lembar komentar dan saran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari validasi bahan ajar diperoleh skor rata-rata sebesar 85 74dari skor maksimal 100 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan skor rata-rata uji keterbacaan bahan ajar adalah83 87 dengan kriteria layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.Saran terkait pemanfaatan produk adalah penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran sangat memerlukan peran dan bimbingan guru mengingat strategi yang digunakan adalah guided scientific inquiry. Saran terkait penyebarluasan produk adalah meneruskan pengembangan bahan ajar sampai tahap keempat yaitu penyebarluasan (disseminate). Saran terkait pengembangan produk lebih lanjut adalah melakukan pengembangan bahan ajar pada materi lain yang karakteristik materinya hampir sama dengan materi struktur atom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item