Pengembangan media pembelajaran kamus kimia bergambar pada materi asam basa / Cipta Ningrum Dyah Anggraheni

Anggraheni, Cipta Ningrum Dyah (2016) Pengembangan media pembelajaran kamus kimia bergambar pada materi asam basa / Cipta Ningrum Dyah Anggraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraheni, CiptaNingrumDyah. 2016. PengembanganMedia PembelajaranKamus Kimia BergambarpadaMateriAsamBasa. Skripsi, Jurusan Kimia, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. DermawanAfandy, M.Pd., (II) Drs. Ida BagusSuryadharma, M.S. Kata kunci: media pembelajaran, kamus, asambasa Materiasambasamerupakanbagianpenting yang tidakterpisahkandalampembelajarankimia.Materiasambasapadapembelajarankimiamerupakanmateri yang konseptual.Konsep-konsep yang ada di dalamnyasalingterkaitsatusamalain, sehinggasiswadituntutuntukmemahamikonsepnyadenganlebihmendalam. Hal inimenyebabkansiswamengalamikesulitandalammengkonstrukpemahamannyasendiri. Di sampingitu, tahapberikirsiswasekolahmenengahatassebagianmasihdalamtahapberpikirkonkritsehinggasiswaakanmengalamikesulitanketikaharusmengkonstrukpemahamannyasendirijikahanyadenganmenggunakanbukusebagaisumberbelajarbagimereka.Hal di atasmenjadidasarpemikiranperlunyaKamus Kimia BergambarMateriAsamBasa.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkan media pembelajaranKamus Kimia BergambarpadamateriAsamBasadanmengetahuikelayakannyasebagaialternatifsumberbelajarmandiribagisiswa. Rancangan model pengembangan yang digunakandalammengembangkanKamus Kimia BergambarMateriAsamBasainiadalah4-D Model (Model 4-D) dariThiagarajan (1974).Model 4-D Thiagarajandipilihkarenamemuatlangkah yang sesuaidengantujuandandasarpengembangan media.Model initerdiridariempattahap, yaitutahappembatasan (define), perancangan (design), pengembangan (develop),danpenyebaran (disseminate). Tahappenyebaran (disseminate) tidakdilakukankarenadisesuaikandengantujuanpengembangan.Padatahapdevelop,terdapatujivalidasi yang dilakukanolehseorangdosenkimiadandua orang gurukimia SMA. Ujiketerbacaandilakukanterhadap 10 orang siswa SMA yang telahmenempuhmateriAsamBasa. Hasil pengembangan berupa buku cetak berukuran 14,8 cm x 21 cm. Kamus ini memiliki beberapa bagian, yang terdiri dari Bagian Pembuka, Bagian Isi, dan Bagian Penutup. Materi yang disajikan mencakupteoriAsamBasa, konsep pH, indikator, kekuatanAsamBasadantitrasiAsamBasa. Media pembelajaran yang dikembangkan bersifat lengkap dan komprehensif. Hasil yang diperoleh dari uji validasi untuk aspek (a) Isi sebesar 81,7%, (b) Informasi yang disajikan sebesar 78,3%, (c) Tampilan sebesar 87,5%, (d) Bahasa sebesar 82,2%, dan (e) Ketergunaan media sebesar 87,8%. Pengembang juga telah melakukan Uji Keterbacaan terhadap kamus, dan hasil yang diperoleh yaitu sebesar 96%. Berdasarkan hasil tersebut, maka kamus yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item View Item