Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Muchammad Zainul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Muchammad Zainul Anwar

Anwar, Muchammad Zainul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Muchammad Zainul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar Muchammad Zainul. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Darsono Sigit M.Pd. (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd Kata Kunci Perangkat pembelajaran Pendekatan saintifik Hidrolisis garam Saat ini kurikulum yang berlaku di Indonesia adalah kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 digunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Pendekatan saintifik (scientific approach) dalam proses pembelajaran mempunyai lima pengalaman belajar meliputi mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengkomunikasikan. Dengan pendekatan saintifik guru diharapkan bisa membimbing siswa untuk secara aktif mencari mengolah dan mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri agar tidak selalu bergantung pada guru saja. Salah satu materi kimia yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi hidrolisis garam. Kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi hidrolisis garam disebabkan tidak terlibatnya siswa pada proses penemuan konsep. Pemberian konsep secara langsung oleh guru mengakibatkan konsep yang diterima siswa kurang bermakna. Oleh karena itu diperlukan sebuah perangkat pembelajaran yang bisa membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan perangkat pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik berupa buku guru dan buku siswa 2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik yang dihasilkan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadopsi model penelitian dan pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) dan (4) Disseminate (penyebaran). Namun tahap ke empat dari model pengembangan ini yaitu tahap disseminate tidak dilaksanakan. Penilaian terhadap produk penelitian dilakukan melalui validasi dan uji terbatas. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada instrumen validasi dan angket uji keterbacaan dengan skala likert sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator dan subyek uji keterbacaan. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa buku guru dan buku siswa tentang hidrolisis garam yang dikembangkan dengan pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013. Hasil validasi yang dilakukan pada buku siswa sebesar 83 50% yang memenuhi kriteria sangat layak dan hasil validasi pada buku guru sebesar 93 00% yang memenuhi kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji keterbacaan pada buku siswa yang diperoleh sebesar 88 50% yang memenuhi kriteria sangat layak. Dari kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22283

Actions (login required)

View Item View Item