Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang pada materi sifat koligatif larutan / Nimas Roro Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang pada materi sifat koligatif larutan / Nimas Roro Herawati

Herawati, Nimas Roro (2016) Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang pada materi sifat koligatif larutan / Nimas Roro Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawati Nimas Roro. 2016. IdentifikasiPemahamanKonseptual dan AlgoritmikSiswaKelas XIMIPA SMAN 2 Malang pada MateriSifatKoligatifLarutan.Skrpsi Jurusan Kimia Program StudiPendidikan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. DermawanAfandi M.Pd. (II) Dr. Suharti S.Pd M.Si Kata Kata Kunci sifatkoligatiflarutan pemahamankonseptualsiswa pemahamanalgoritmiksiswa miskonsepsi tesdiagnostikpilhangandaberalasanterbuka Ilmukimiamerupakanbagiandariilmupengetahuan yang terdiriatasfakta-fakta aturan hukum prinsip teoridanhitungankimia.Dengandemikian satuhalpentingdalammempelajariilmukimiadibutuhkanpemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmik.Salah satumaterikimia yang dalammempelajarinyamembutuhkanpemahamankonseptualdanalgoritmikadalahsifatkoligatiflarutan.Berdasarkanhasilwawancaradengan guru SMAN 2 Malang sebanyak 57% pesertadidik yang dinyatakanlulusulanganharian. Jenissoal yang disajikan guru adalahsoal yang berkaitanpemahamanalgoritmik sehinggabelumbisadigunakanuntukmencarifaktorapasaja yang menyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa. Salah satucara yang dapatdigunakanadalahdenganmembuktikanpemahamankonseptualpesertadidikuntukmelihatkesalahan-kesalahan. Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengidentifikasipemahamankonseptualdanalgoritmikpesertadidik (2) Mengidentifikasimiskonsepsi yang dimilikipesertadidik dan (3) Mengidentifikasihubunganantarapemahamankonseptualdanalgoritmikpesertadidik. Metodepenelitianmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Subjekpenelitianyaitupesertadidikkelas XI MIPA SMAN 2 Malang yang terdiridar 127 pesertadidik.Instrumen yang digunakandalampenelitaniniyaitutesdiagnostikpilihangandaberalasanterbukadengan 14 soalbersifatkonseptualdan 10 soalbersifatalgoritmik.Tespilihangandaberalasanadalahsalahsatujenistesobjektif yang soalnyaterdiriatasbagiankerangka(steam)danbagiankemungkinanjawabanalternatif(options).Tesinimengharuskanpesertadidikmemilihjawabandaripilihangandapadasoaldenganmenyertakanalasanmemilihjawabantersebut. Pemahamankonseptual pemahamanalgoritmik danmiskonsepsipesertadidikditentukanberdasarkanbanyaknyasiswa yang menjawabsalahdanbenardalammenjawabtes.Kemudiandinyatakandenganpresentase. Hasilpenelitianmenujukkanbahwa (1) tingkatpemahamankonseptualpesertadidiktergolongsedang (52%) danpemahamanalgoritmikpesertadidiktergolongtinggi (2) presentasemiskonsepsipesertadidiktertinggiterdapatpadapokokbahasan (a) konseptualpenuruantekananuapyaituTekananuapturunkarenaluaspemukaanberubah (28%) (b) konseptualpenurunantitikbekuyaituGaya antarpartikellemahmenyebabkanenergikinetiklemah(23%) (c) konseptualtekanan osmosis yaitu 960 cairan 960 plasma darah makalarutanhipotonik yang mengakibatkanseldarahmengkerutkarenakehilangan air (52%) (d) konseptualpenurunantekananuaplarutanelektrolityaituTidakadahubunganantaranilai i denganjumlahmolpartikelsuatuzat (35%) (e) kenaikantitikdidihdanpenurunantitikbekularutanelektrolityaituLarutanNaCldanlarutangula yang memilikikonsentrasisama kenaikantitkdidihdanpenurunantitikbekunyasama (32%) (f) perhitungansifatkoligatiflarutanelektrolityaituNilaiderajadionisasisamadengannilaifaktorvan thoff (34%) (3) terdapathubungan yang signifikanantarapemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmikpesertadidikpadamaterisifatkoligatiflarutanelektrolitdengankoefisienkorelasisebesar 0 327. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22281

Actions (login required)

View Item View Item