Pengembangan model layanan konseling melalui media online Edmodo di SMA Laboratorium UM / Mishellia Ayu Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model layanan konseling melalui media online Edmodo di SMA Laboratorium UM / Mishellia Ayu Anggraini

Anggraini, Mishellia Ayu (2016) Pengembangan model layanan konseling melalui media online Edmodo di SMA Laboratorium UM / Mishellia Ayu Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Mishellia Ayu. 2015. Pengembangan Manual Layanan Konseling Melalui Media Online Edmodo Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M. Pd (II) Dr. Blasius Boli Lassan M. Pd Kata kunci Pengembangan manual konseling edmodo Konseling merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh konselor kepada konseli agar berkembang potensinya secara optimal mampu mengatasi masalahnya dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Konseling merupakan upaya proaktif dan sistemik dalam memfasilitasi individu mencapai perkembangan yang optimal. Bertolak belakang dengan hal tersebut fakta di lapangan menunjukkan bimbingan dan konseling tidak berjalan dengan maksimal hal ini disebabkan tidak ada jam tatap muka di kelas waktu untuk tatap muka dengan siswa di luar kelas terbatas banyaknya pekerjaan konselor dan banyak siswa yang enggan mengutarakan permasalahan yang sedang dihadapinya. Hal ini dapat menghambat siswa dalam pencapaian tugas perkembangannya. Globalisasi dan MEA Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015. dinilai berpengaruh pada hampir semua aspek yang ada di masyarakat terutama pendidikan. Secara garis besar globalisasi berimplikasi pada profesionalitas guru. Kondisi ini mendorong profesi bimbingan dan konseling untuk terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan profesionalitas konselor. Perkembangan dalam bidang teknologi khusunya di dunia maya akan menjadi peluang untuk dapat digunakan sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Sejalan dengan hal tersebut interaksi antara konselor dan konseli yang dilayaninya dapat dilakukan melalui hubungan secara virtual (maya) melalui internet dalam bentuk cyber counceling. Sejauh ini cyber counceling masih difasilitasi oleh telepon email dan facebook yang masih belum bisa mendukung pelaksanaan konseling secara efektif bebas dari cyber crime cyber bullying dan masih diragukan kerahasiaan datanya. Dewasa ini edmodo sebagai media online yang khusus digunakan dalam lingkup pembelajaran yang aman dari cyber crime cyber bullying sedang marak digunakan dalam dunia pendidikan khususnya bidang studi. Sejauh ini edmodo belum pernah dikembangkan untuk media dalam memberikan layanan konseling. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti bermaksud mengembangkan sebuah manual layanan konseling melalui media online edmodo bagi siswa dan konselor. Penelitian menggunakan rancangan pengembangan Borg and Gall (1983). Tahap penelitian adalah analisis kebutuhan pengumpulan data dengan menggunakan angket kebutuhan dan pedoman wawancara yang dilakukan terhadap konselor. Hasil analisis kebutuhan menjadi pedoman penyusunan prototype. Untuk menguji kelayakan dari prototype yang dihasilkan dilakukan uji coba produk kepada ahli (BK dan media) kemudian dilakukan revisi berdasarkan kritik dan saran dari ahli. Setelah revisi tahap selanjutnya adalah uji coba calon pengguna produk (konselor) dan uji kelompok kecil (siswa). Selanjutnya dilakukan revisi hingga tercipta produk akhir berupa manual book Layanan konseling melalui media online edmodo. Instrumen penelitian yang digunakan dalam uji coba produk adalah angket skala penilaian serta lembar saran. Hasil pengembangan adalah manual layanan konseling melalui media online edmodo yang memiliki keberterimaan secara teoritis dan praktis dilihat dari kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan. Secara keseluruhan manual layanan konseling melalui media online edmodo untuk siswa SMA memiliki kelayakan untuk digunakan sebagai salah satu media konseling di sekolah. Berdasarkan uji ahli BK pada aspek kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan memiliki nilai 3 60 3 00 dan 3 00 dengan kriteria penilaian sangat berguna terlaksana dan tepat . Berdasarkan uji ahli media pada aspek kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan memiliki nilai 4 00 3 60 dan 4 00 dengan kriteria penilaian sangat berguna sangat terlaksana dan sangat tepat . Berdasarkan uji pengguna produk penilaian 2 orang konselor pada aspek kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan memiliki nilai rata-rata 3 00 2 90 dan 3 00 dengan kriteria penilaian berguna terlaksana dan tepat .Berdarkan uji kelompok kecilpenilaian 10 orang siswa pada aspek kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan memiliki nilai rata-rata 3 45 3 30 dan 3 45 dengan kriteria penilaian sangat berguna sangat terlaksana dan sangat tepat . Hasil penilaian ini semakin menguatkan bahwa manual layanan konseling melalui media online edmodo untuk siswa SMA layak digunakan sebgai salah satu media konseling di sekolah. Saran yang diberikan dalam hal ini yaitu berhubungan dengan pemakaian istilah kerahasiaan data konseling arsip rekaman konseling dan piranti yang dibutuhkan dalam pemberian layanan konseling melalui media online edmodo . Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu pengembangan produk lebih lanjut dirasa sangat perlu. Pengembangan instrumen dengan tingkat validitas tertentu untuk mengetahui efektifitas pengguanan manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item