Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi elektrokimia kelas XII SMA / Rely Andrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi elektrokimia kelas XII SMA / Rely Andrianto

Andrianto, Rely (2016) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi elektrokimia kelas XII SMA / Rely Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrianto Rely. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Elektrokimia Kelas XII SMA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci Android Elektrokimia Media Pembelajaran. Materi elektrokimia memuat banyak konsep yang abstrak. Konsep abstrak tersebut membuat siswa mengalami miskonsepsi sehingga diperlukan suatu media pembelajaran untuk menjelaskan materi kimia yang bersifat abstrak tersebut agar lebih mudah dipahami siswa. Salah satunya media pembelajaran yang berkembang pesat saat ini yaitu media pembelajaran berbasis android yang didalamnya menyajikan animasi video dan soal evaluasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi elektrokimia kelas XII SMA serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi elektrokimia kelas XII SMA. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan Four-D model yang terdiri dari empat tahap meliputi tahap define design develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan terbatas hingga tahap develop sehingga hanya dilakukan sampai uji validitas dan uji coba pada produk yang dihasilkan. Validasi media terdiri dari validasi tampilan media dan validasi isi materi. UJi coba produk dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan dan daya tarik media dan dilakukan melalui uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif melalui instrument berupa angket. Data kuantitatif diperoleh melalui angket checklist sesuai kriteria validitas sedangkan data kualitatif diperoleh melalui kolom saran. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik rata-rata. Pada penelitian ini telah dikembangkan media pembelajaran berbasis android berbentuk aplikasi bertipe apk. Media pembelajaran yang dikembangkan ini bersifat fleksibel dan interaktif. Selain itu media pembelajaran dapat dijalankan secara berurutan maupun tidak dan dapat digunakan sebagai bahan belajar mandiri. Aplikasi berukuran 60 Mb ini berisi teks tabel gambar animasi video peta konsep soal latihan dan soal kuis. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan rata-rata yang diperoleh dari validasi tampilan adalah 96 57 % sedangkan rata-rata yang diperoleh dari validasi materi adalah 93 45 %. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persen rata-rata sebesar 92 17 %. Dari data hasil uji validitas dan uji coba kelompok kecil diketahui bahwa media pembelajaran elektrokimia berbasis android yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria layak sehingga media dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22278

Actions (login required)

View Item View Item