Pengembangan instrumen asesmen untuk implementasi pembelajaran kimia secara inkuiri bagi para siswa / Riza Dewi Nur Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen untuk implementasi pembelajaran kimia secara inkuiri bagi para siswa / Riza Dewi Nur Fadhilah

Fadhilah, Riza Dewi Nur (2016) Pengembangan instrumen asesmen untuk implementasi pembelajaran kimia secara inkuiri bagi para siswa / Riza Dewi Nur Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadhilah Riza Dewi Nur. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen untuk Implementasi Pembelajaran Kimia secara Inkuiri bagi para Siswa. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Drs. Darsono Sigit M.Pd. Kata kunci Instrumen Asesmen Implementasi Inkuiri Kurikulum 2013 terdiri atas lima pengalaman belajar yang selaras dengan inkuiri. Pada proses pembelajaran segala sesuatu yang telah dirancang oleh guru untuk siswa seharusnya sama dengan yang dialami oleh siswa. Atas dasar itu siswa dapat menilai guru dalam proses pembelajaran apakah pembelajaran yang dialami siswa telah mencapai kompetensi yang diinginkan. Oleh karena itu diperlukan instrumen untuk membantu siswa dalam menilai proses pembelajaran. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah instrumen asesmen. Tujuan dari pengembangan instrumen asesmen ini adalah menghasilkan produk instrumen asesmen pada pembelajaran kimia yang dikemas dengan mengimplementasikan inkuiri menentukan kelayakan instrumen asesmen sebagai alat untuk merefleksi diri guru dan memperoleh gambaran pembelajaran menurut siswa tentang implementasi inkuiri yang dilaksanakan guru. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan instrumen asesmen ini adalah model 4D (4D-model) dari Thiagarajan. Model 4D terdiri dari define (membatasi) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendiseminasikan). Pada tahap membatasi dilakukan analisis pendahuluan dan analisis isi instrumen. Pada tahap merancang dilakukan mendesain format instrumen asesmen dan merancang isi instrumen asesmen. Pada tahap mengembangkan dilakukan pengembangan awal draf instrumen asesmen konsultasi dengan dosen pembimbing pengembangan draf lanjut finalisasi instrumen asesmen revisi produk hasil pengembangan validasi produk revisi hasil validasi produk dan produk yang dihasilkan. Pada tahap diseminasi dilakukan penyebaran terbatas yaitu kesembilan sekolah yang ada di kota Malang. Hasil validasi instrumen asesmen yang telah dikembangkan menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 80 4% yang termasuk kategori sangat layak. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen hasil pengembangan sangat layak untuk digunakan untuk merefleksi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mengimplementasikan inkuiri. Berdasarkan uraian dari perolehan persentase sembilan sekolah terhadap enam sub butir/butir pokok utama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara guru kimia satu dengan lainnya dalam implementasi pembelajaran kimia secara inkuiri. Dengan demikian instrumen asesmen yang dikembangkan ini dapat digunakan guru untuk merefleksi dirinya sendiri dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki kekurangan dalam melaksanakan pembelajaran agar tujuan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item View Item