Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkilalkanoat) / Yeny Merinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkilalkanoat) / Yeny Merinda

Merinda, Yeny (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkilalkanoat) / Yeny Merinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merinda Yeny. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Mengeksplisitkan Hakikat Sains dan Berpikir Kritispada Materi Senyawa Karbon (Haloalkana Alkanol Alkoksialkana Alkanal Alkanon Asam Alkanoat dan Alkilalkanoat). Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D.(2) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. Kata kunci bahan ajar pendekatan saintifik hakikat sains berpikir kritis Implementasi Kurikulum 2013 merupakan upaya memperbaiki pendidikan sains di Indonesia. Dalam Kurikulum 2013 diterapkan pendekatan saintifik sebagai salah satu pendekatan dalam proses pembelajaran. Penerapan pendekatan santifik disertai pengekspisitan hakikat sains dan berpikir kritis merupakan metode pembelajaran yang efektif. Namun berdasarkan analisis pendahuluan yang dilakukan bahan ajar materi senyawa karbon (haloalkana alkanol alkoksialkana alkanal alkanon asam alkanoat dan alkilalkanoat)yang tersedia saat ini belum mencerminkan konsep pendekatan saintifik dan belum mengeksplisitkan hakikat sains. Oleh karena itu penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 pada materi senyawa karbon (haloalkana alkanol alkoksialkana alkanal alkanon asam alkanoat dan alkilalkanoat)dengan menggunakan pendekatan saintifik serta mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4Dmeliputi tahap perencanaan (Define) tahap perancangan (Design) tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Disseminate) namun untuk tahap penyebaran (Disseminate) tidak dilakukan. Bahan ajar yang dikembangkan meliputi buku siswa dan buku guru. Validasi bahan ajar dilakukan oleh validator yang terdiri dari dua validator ahli materi yaitu dosen dari Jurusan Kimia UM dan dua validator ahli pembelajaran yaitu guru Kimia SMA/MA. Validasi dari produk pengembangan bahan ajar menghasilkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan produk dan diperoleh presentase sebesar 77 92% untuk buku siswa dengan kriteria layak dan 81 55% untuk buku guru dengan kriteria sangat layak. Sedangkan data kualitatif berupa saran dan komentar digunakan untuk revisi bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi senyawa karbon (haloalkana alkanol alkoksialkana alkanal alkanon asam alkanoat dan alkilalkanoat)layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22273

Actions (login required)

View Item View Item