Pengembangan media digital berbasis android untuk pembelajaran materi termokimia kelas XI / Nur Okta Ardi Wilanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media digital berbasis android untuk pembelajaran materi termokimia kelas XI / Nur Okta Ardi Wilanda

Wilanda, Nur Okta Ardi (2016) Pengembangan media digital berbasis android untuk pembelajaran materi termokimia kelas XI / Nur Okta Ardi Wilanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilanda Nur Okta Ardi. 2016. Pengembangan Media Digital Berbasis Android Untuk Pembelajaran Materi Termokimia Kelas XI Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs. Parlan. M.Si. (II)Dr.Sc. Anugrah Ricky Wijaya. S.Si M.Sc. Kata kunci pengembangan media digital android termokimia Kegiatan belajar mengajardapat berlangsung dengan baik jika komponen-komponen pembelajaran tersebut sudah memadai. Salah satu komponen dalam kegiatan belajar dan mengajar tersebut adalah komponen media pembelajaran. Materi kimia mencakup tiga aspek yaitu makroskopik submikroskopik dan simbolik. Untuk mengajarkan aspek submikroskopik guru memerlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi atau fenonmena yang tak kasat mata. Penggunaan smartphone dalam kehidupan masyarakat sudah sangat luas terutama pada kalangan siswa khususnya smartphone berbasis android. Oleh karena itu media pembelajaran yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone berbasis android perlu dikembangkan sebagai salah satu alternatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkanmedia digital berbasis androidpada materi termokimia kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode 4D dengan tahap define design develop dan disseminate. Tahap define dilakukan secara manual studi literatur. Tahap design dan develop dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu adobe photosop CS6 adobe flash CC. Sementara tahapan disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Produk yang dihasilkan berformat APK yang dapat dipasang pada smartphone berbasis android dengan versi minimal 2.3 (Jelly Bean). Proses validasi produk pengembangan dilakukan oleh dosen ahli media dosen ahli materi dan guru SMA serta uji keterbacaan siswa. Hasil validasi aspek media oleh dosen diperoleh skor 93 20 % yang menunjukkan bahwa media masuk dalam kriteria sangat layak. Validasi aspek materi oleh dosen dan oleh guru SMA diperoleh skor 83 40% menunjukkan bahwa materi sudah sangat layak. Hasil uji keterbacaan siswa diperoleh skor 81 79% menunjukkan produk masuk dalam kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item