Perbedaan hasil belajar kognitif materi stoikiometri antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E - mind mapping dan LC 5E - merangkum di SMA Laboratorium UM / Imaratul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kognitif materi stoikiometri antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E - mind mapping dan LC 5E - merangkum di SMA Laboratorium UM / Imaratul Mufida

Mufida, Imaratul (2016) Perbedaan hasil belajar kognitif materi stoikiometri antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E - mind mapping dan LC 5E - merangkum di SMA Laboratorium UM / Imaratul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufida Imaratul. 2016. Perbedaan HasilBelajarKognitifMateri Stoikiometri Antara PesertaDidik yang Diajarkandengan Model PembelajaranLC 5E Mind Mapping dan LC 5E Merangkumdi SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Kata Kunci Learning Cycle 5E Mind Mapping Merangkum Stoikiometri Berdasarkanhasilobservasi di SMA Laboratorium UM guru kimiamenyatakanbahwapesertadidikmerasakesulitandalammempelajarimateriStoikiometri.Padatahunajaran 2014/2015 sebanyak 91% pesertadidik yang belumtuntas KKM (KriteriaKelulusan Minimal).Hal ini disebabkan karenamateriStoikiometrimemilikikonsepyangabstrak dan membutuhkan perhitungan.Kombinasi antara konsep yang abstrak dan perhitunganmembutuhkan pemahaman yang lebih bukansekedarhafalan. Oleh karena itu diperlukan cara yang tepat untukmempelajarinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (LC)5E yang berbasis konstruktivis. Pemahamankonsepdalammateriiniakansemakinmudahapabila dipadukan dengan pembuatanmind mapdanrangkuman. Adapun tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan proses pembelajaranmateri Stoikiometriantarapesertadidikyang diajarkan menggunakan modelLC5E - Mind Mapping dan LC 5E Merangkum dan (2) ada tidaknyaperbedaanhasil belajar kognitif peserta didik pada materi Stoikiometriyangdiajarkanmenggunakan model LC 5E - Mind Mapping danLC 5E Merangkum. Penelitian ini menggunakan quasi experimentaldesigndengan model posttest only control group design. Sampel dipilih berdasarkan saran dari guru kimiamelalui teknik undian.Kelas XIPA3 terpilih sebagai kelas eksperimen 1 denganmenggunakan model LC 5E Mind Mapping. Sedangkankelas XIPA2 terpilih sebagai kelas eksperimen 2denganmenggunakanmodelLC 5E Merangkum. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus RPP dan modul) dan instrumen pengukuran (lembar observasi dan soal tes hasil belajar).Data keterlaksanaan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase sedangkan data hasil belajar kognitif peserta didik dianalisismenggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial dengan uji-tdengannilaisignifikansi 945 0 05 yang dihitung dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model LC 5E Mind Mapping dan LC 5E Merangkum pada materiStoikiometri memiliki rata-rata sebesar 92 04% dan 91 31%. Dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kriteria keterlaksanaan dengan sangat baik.(2) Ada perbedaanhasilbelajar kognitifantarapesertadidik yang diajarkanmenggunakan LC 5E Mind Mapping danLC 5E MerangkumpadamateriStoikiometri. Hasil belajar kognitif pesertadidik yang diajarkanmenggunakan LC 5E Mind Mapping lebih tinggi (60 27) daripada pesertadidik yang diajarkanmenggunakan LC 5E - Merangkum (50 03).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22270

Actions (login required)

View Item View Item