Pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 02 Batu pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Efi Aprillia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 02 Batu pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Efi Aprillia

Aprillia, Efi (2016) Pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 02 Batu pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Efi Aprillia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprillia Efi. 2015. Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 02 Batu pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan . Skripsi Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. (II) Dr. Suharti S.Pd M.Si. Kata-Kata Kunci Think Talk Write (TTW) hasil belajar kelarutan dan hasil kali Kelarutan (Ksp) Materi Ksp merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak dan berdasarkan hasil wawancara guru kimia sebagian besar siswa di SMAN 02 Batu mengalami kesulitan belajar dalam mempelajari materi Ksp. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ksp adalah model pembelajaran kooperatif. Materi Ksp di SMAN 02 Batu diajar dengan metode ceramah digabung dengan metode diskusi kelompok bebas. Pada penelitian ini menggunakan metode diskusi dengan model Think Talk Write (TTW). Think Talk Write (TTW) merupakan salah satu model pembelajaran yang memberi ruang kepada siswa untuk aktif berfikir dan saling berinteraksi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dengan model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA pada materi Ksp. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMAN 02 Batu tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang digunakan sebagai sampel. Kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan metode diskusi dengan model Think Talk Write (TTW). Kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan metode diskusi kelompok bebas. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data hasil belajar kognitif siswa berupa soal tes pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban yang memiliki validitas butir soal antara 0 386-0 625 tingkat kesulitan butir soal antara 0 12-0 97 daya beda butir soal antara 0 17-0 68 dan reliabilitasnya sebesar 0 727. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. Oleh karena itu syarat untuk pengujian hipotesis telah terpenuhi. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 945 0 05 menunjukkan adanya perbedaan antara metode diskusi dengan model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 0 011. Hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode diskusi dengan model Think Talk Write (TTW) (dengan skor rata-rata73) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode diskusi kelompok bebas (dengan skor rata-rata 66 6).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22268

Actions (login required)

View Item View Item